Home / SBC / Intel Galileo / Arduino Intel Galileo (Software Untuk Memprogram Galileo)

Arduino Intel Galileo (Software Untuk Memprogram Galileo)

Software Intel Galileo

Pada postingan sebelumnya, saya sudah menjelaskan secara detail tentang pengenalan singkat Intel Galileo dan spesifikasi Intel Galileo. Nah, kali ini saya akan membahas tentang perangkat lunak atau software untuk si Galileo. Intel Galileo dapat diprogram menggunakan Arduino. Arduino untuk Intel Galileo tersedia khusus, bukan seperti yang Anda gunakan untuk memprogram Arduino Uno atau Mega. Bisa dikatakan bahwa Arduino untuk Intel Galileo adalah special version. Dikarenakan Intel Galileo memiliki arsitektur processor yang berbeda dengan AVR. Penjelasan detailnya ada pada postingan berikut ini http://eko-rudiawan.com/intel-galileo-board-overview/

Download Arduino Intel Galileo

Lalu, dimana bisa mendapatkan Arduino untuk Intel Galileo ?. Anda bisa mendownloadnya secara gratis pada website Intel. Link downloas lengkapnya bisa dilihat dibawah ini :

http://www.intel.com/support/galileo/sb/CS-035101.htm

Pada link diatas tersedia beberapa file yang mendukung untuk pemrograman Intel Galileo. Beberapa file tersebut antara lain adalah sebagai berikut ini :

  • Operating System
  • Arduino Software
  • Firmware Updater Tools

Operating System merupakan image file yang digunakan sebagai sistem operasi pada Intel Galileo (berbasis Linux). Sedangkan Arduino Software merupakan installer Arduino yang dapat digunakan khusus untuk Intel Galileo. Sedangkan Firmware Updater Tools merupakan sebuah tools (Aplikasi) yang dapat digunakan untuk mengupdate firmware dari Galileo, jika sewaktu-waktu Intel melakukan update terhadap firmwarenya. Untuk sementara, Anda hanya perlu mendownload Arduino Software, karena nanti kebanyakan pemrograman menggunakan Arduino.

Sama seperti Arduino basic, Arduino special edition untuk Intel Galileo ini juga support multiplatform operating system. Anda bisa mendownload versi Windows, Linux atau Mac OS. Tergantung dari OS apa yang biasanya Anda gunakan.

Install Arduino Intel Galileo

Cara Install Arduino Intel Galileo di Windows

Untuk melakukan instalasi di sistem operasi Windows, caranya sangat mudah sekali. Cukup ekstrak file yang telah Anda download tadi ke sebuah folder. Disini saya contohkan untuk mengekstrak ke drive C, supaya mudah ditemukan lokasinya.

Install Arduino di Windows
Install Arduino di Windows

Jika sudah diekstrak, cara menjalankan aplikasinya tinggal double klik file arduino.exe. Maka secara otomatis Arduino untuk Intel Galileo akan terbuka.

Cara Install Arduino Intel Galileo di Mac OS X

Jika Anda menggunakan Mac OS X, caranya mirip dengan di Windows. Cukup ekstrak file yang telah di download. Kemudian pindahkan Ke Application Folder. Untuk menjalankan aplikasinya cukup klik file arduinonya.

Install Arduino di Mac OS X
Install Arduino di Mac OS X
Cara Install Arduino Intel Galileo di Linux

Bagi Anda yang menggunakan sistem operasi Linux, caranya cukup gampang. Anda bisa mengekstrak secara langsung filenya menggunakan dua cara yaitu via terminal atau melalui GUI. Yang paling gampang adalah melalui GUI, cukup klik kanan pada file kemudian pilih ekstrak. Jika menggunakan Terminal ketikkan perintah di bawah ini

tar -zxvf arduino-1.5.3-linux32.tar.gz

Setelah terinstall Anda dapat menjalankan Arduino dengan cara mengetikkan perintah berikut ini pada terminal

./arduino

About Eko Rudiawan

Seorang lelaki yang punya ketertarikan dengan dunia elektronika dan robot yang saat ini sedang serius belajar tentang dunia bisnis dan internet marketing. My dream to be success technopreneur

2 comments

  1. saya punya yg generasi ke 2

    sampean udah buat project apa aja mas?

    salam dari http://www.blognitbot.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × 2 =