Home / Mikrokontroler / ARM / Belajar Mikrokontroler ARM – PCB Minimum Sistem ARM Sudah Selesai Fabrikasi

Belajar Mikrokontroler ARM – PCB Minimum Sistem ARM Sudah Selesai Fabrikasi

Belajar Mikrokontroler ARM

Setelah selesai mendesain minimum sistem ARM yang telah saya jelaskan sebelumnya pada postingan berikut ini http://blognyaeko.wordpress.com/2014/06/25/belajar-mikrokontroler-arm-desain-minimum-sistem-arm-mikrokontroler/. Proses fabrikasi PCB langsung saya lakukan dengan menggunakan jasa cetak PCB yang berada di Bandung. Karena jalur-jalur PCB lumayan kecil dan jarak antar jalur juga kecil, akhirnya saya putuskan untuk memilih tempat fabrikasi yang berkualitas. Di Bandung sendiri ada beberapa tempat yang menerima fabrikasi PCB, namun ada satu tempat yang hasilnya cukup bagus dan berkualitas. Tentunya dengan harga yang lebih mahal. Karena saya tidak mau hasil yang ala kadarnya akahirnya saya putuskan untuk mencetak PCB disana. Desain sudah saya kirimkan, harapannya PCB saya cepat selesai agar dapat dilakukan proses soldering dan testing. Namun nyatanya kali ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Usut punya usut ternyata ada miss komunikasi antara saya dengan admin PCB nya. Walaupun sedikit lama namun akhirnya selesai juga. Hasilnya tidak mengecewakan memang, sesuai dengan harga yang saya bayarkan. Berikut hasil PCB minimum sistem ARM yang sudah saya cetak dan siap untuk disolder.

Minimum Sistem ARM STM32
Minimum Sistem ARM STM32
Minimum Sistem ARM STM32
Minimum Sistem ARM STM32

Karena PCBnya selesai agak telat dan sudah mendekati jadwal mudik saya. Akhirnya saya putuskan untuk melakukan proses soldering setelah selesai mudik saja :D. Semoga masih bersemangat selalu untuk ngoprek mikrokontroler ARM, demi Indonesia yang berkemandirian teknologi :D. Proses soldering rencananya akan saya lakukan manual, karena sampai saat ini saya belum menemukan jasa soldering PCB SMD di Indonesia yang mau menerima order satuan dengan harga murah. Karena masih prototipe, penyolderan manual tidak terlalu bermasalah.

About Eko Rudiawan

Seorang lelaki yang punya ketertarikan dengan dunia elektronika dan robot yang saat ini sedang serius belajar tentang dunia bisnis dan internet marketing. My dream to be success technopreneur

5 comments

  1. buat apaan tuch sob ga ngerti elektro hehehehehehe………..

  2. Mas, caranya nyolder kaki kecil dan rapat gitu gimana? apa pakai solder khusus? Tks.

  3. gan,ada info pembuat pcb nya gan,saya minat gan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 − nine =