Home / Mikrokontroler / Arduino / Cara Bootloader Arduino dengan AVR Burning Tool

Cara Bootloader Arduino dengan AVR Burning Tool

Bagaimana Cara Bootloader Arduino ?

Kali ini Saya akan sedikit jelaskan cara atau tahapan cara bootloader arduino ke IC mikrokontroler baik itu ATMega328P ataupun ATMega8. Untuk dapat mempraktekkan tutorial Saya kali ini, Anda membutuhkan alat yang dinamakan AVR Burning Tool. Langkah-langkah untuk mengisi bootloader dapat dilihat di bawah ini. Pertama masukkan IC mikrokontroler yang akan diisi bootloadernya ke socket ZIF AVR Burning Tool. Pastikan jumper Slow SCK telah terpasang.

Cara Bootloader Arduino
Cara Bootloader Arduino

 

Buka AVRDude GUI, jika Anda membeli AVR Burning Tool AVR Dude GUI telah disertakan pada CD Program. Pastikan lokasi avrdude.exe dan avrdude..conf sudah benar

Cara Bootloader Arduino
Cara Bootloader Arduino

 

Kemudian pilih tipe mikrokontroler dan tipe programmer. Untuk tipe mikrokontroler sesuaikan dengan yang akan Anda burn bootloadernya. Untuk tipe programmer pilih usbasp. Kemudian klik Execute, pastikan hasilnya seperti di bawah ini.

Cara Bootloader Arduino
Cara Bootloader Arduino

 

Setelah itu klik pada bagian Fuses dan sesuaikan nilai fuse dengan bootloader yang akan anda isi ke mikrokontroler. Anda dapat melihat settingan fuse pada lokasi ..arduino-1.0.1hardwarearduinoboard.txt . Fuse yang perlu disetting adalah Low Fuse, High Fuse, dan Extended Fuse. Contohnya jika Anda ingin mengisi bootloader arduino uno,maka buka file board.txt tadi kemudian perhatikan pada bagian arduino uno seperti di bawah ini

# See: http://code.google.com/p/arduino/wiki/Platforms

##############################################################

uno.name=Arduino Uno
uno.upload.protocol=arduino
uno.upload.maximum_size=32256
uno.upload.speed=115200
uno.bootloader.low_fuses=0xff
uno.bootloader.high_fuses=0xde
uno.bootloader.extended_fuses=0x05

uno.bootloader.path=optiboot
uno.bootloader.file=optiboot_atmega328.hex
uno.bootloader.unlock_bits=0x3F
uno.bootloader.lock_bits=0x0F
uno.build.mcu=atmega328p
uno.build.f_cpu=16000000L
uno.build.core=arduino
uno.build.variant=standard

##############################################################

Disitu tertulis untuk arduino uno low fuse-nya adalah 0XFF, high fuse 0xDE, dan extended fuse adalah 0x05. Isikan nilai tersebut pada bagian fuse di AVRDude GUI. Kemudian klik Execute, pastikan hasilnya OK seperti di bawah ini.

Cara Bootloader Arduino
Cara Bootloader Arduino

 

Jika anda ingin mengisi bootloader arduino tipe lain, contohnya dumilanove, arduiono NG atau yang lainnya Anda tinggal menyesuaikan nilai fuse bit-nya. Kemudian kita tinggalkan AVRDude GUI dan lepaskan jumper Slow SCK. Buka arduino Anda, kemudian pilihlah tipe programmer dan board arduino. Memilih tipe board arduino berarti Anda memilih bootloader yang akan diisikan ke mikrokontroler. Contohnya Anda memilih biard Arduino Uno maka itu berarti Anda akan mengisi bootloader arduino uno ke mikrokontrolernya.

Cara Bootloader Arduino
Cara Bootloader Arduino

 

Cara Bootloader Arduino
Cara Bootloader Arduino

 

Untuk mulai memburning bootloader, tinggal klik Burn Bootloader. Proses buring bootloader akan berlangsung, biasanya agak lama tapi gak  sampai 5 menit. Tunggu sampai muncul Done Burning Bootloader.

Cara Bootloader Arduino
Cara Bootloader Arduino

 

Cara Bootloader Arduino
Cara Bootloader Arduino

 

Proses burning bootloader telah selesai sampai disini. Silahkan pasang IC yang sudah diisi bootloader ke board arduino Anda, dan coba upload program. Pastikan proses upload program berhasil seperti biasanya Smile. AVR Burning Tool merupakan alat yang saya produksi sendiri, jika berminat dengan alat ini silahkan langsung menghubungi saya.

 

About Eko Rudiawan

Seorang lelaki yang punya ketertarikan dengan dunia elektronika dan robot yang saat ini sedang serius belajar tentang dunia bisnis dan internet marketing. My dream to be success technopreneur

Check Also

virtual usb

Mengisi Bootloader USBaspLoader Pada Minimum System Arduino

Tutorial kali ini merupakan lanjutan dari tutorial membuat minimum system arduino sederhana yang telah saya …

3 comments

  1. Bp Eko Rudiawan, blog bapak luar biasa hebat. Lebih mengarah kepada keinginan untuk pengembangan ilmu pengetahuan kepada sesama ketimbang profit oriented. Jarang sekali saya menemukan blog semacam ini di dalam negeri yang berani mengatakan apa adanya, terbuka, memiliki nilai dan parameter yg jelas, serta tidak menyesatkan dan mampu memberikan solusi. Terakhir ini yang paling penting.
    Bp Eko, saya seorang praktisi yg memiliki sedikit pengetahuan tentang elektronika analog dan digital. Namun untuk mikrokontroller saya sama sekali buta. Pada 2001 saya pernah membeli dan belajar menggunakan Modul Atmel berbasis mikorokontroller 89S51, namun saya menemui kendala dalam hal tata cara dan urutan proses pemrograman serta bahasa pemrogramannya. Saya putus asa dan pesimis dan tdk melanjutkan belajar lagi hingga skg.
    Sudah hampir sebulan ini saya membuka bermacam-macam blog tentang mikrokontroller, baru pagi ini harapan dan semangat saya muncul kembali. Setelah saya membuka web arduino.com yang ada tutorialnya sampai lesson 6 kemeudian ketemu blog bapak.
    Bapak Eko, saya ingin belajar Arduino dengan mikrotokroller ATmega. Mohon arahannya, jenis modul dan peralatan/komponen apa saja yang harus saya beli? Apakah bapak menyediakan seluruh modul dan komponen tersebut? Kalo ada, berapa harga total plus ongkos kirim ke Solo?
    Demikian sedikit tulisan surat saya kepada bapak, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih
    BEGUG AYODYA ( Balasan bisa melalui email atau SMS ke o857 2877 3848/Indosat -0813 2940 9794/Smpti).

  2. mas apa perlu bikin bootloader dulu ya kalo ic baru,apa kalo ic baru ga bisa di download program kerja langsung.mohon balasannya terimakasih.sms ya ga pp mz.ke089635418160

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × one =