Home / Pemrograman / Android / Cara Install Eclipse Dan Android SDK Di Windows

Cara Install Eclipse Dan Android SDK Di Windows

Cara Install Eclipse Dan Android SDK

Kali ini saya akan membahas tentang pemograman di android. Ya, memang sekarang ini android sedang booming-booming nya, sampai-sampai saya jadi jatuh hati untuk ngoprek2 android juga. Untuk memulai tulisan saya yang pertama ini tentang android, alangkah baiknya jika saya mulai dengan menulis tentang cara-cara instalasi tool-tool yang dibutuhkan. Baru kemudian kita melangkah untuk memulai membuat aplikasinya.

Untuk memulai belajar pemograman android, ada beberapa software yang harus anda install di komputer anda, antara lain Eclipse sebagai IDE, android ADT, dan Android SDK. Silahkan unduh terlebih dahulu beberapa software berikut pada link di bawah ini.

Eclipse IDE => http://www.eclipse.org/downloads/download.php?file=/eclipse/downloads/drops/R-3.7.1-201109091335/eclipse-SDK-3.7.1-win32.zip
android SDK => http://dl.google.com/android/android-sdk_r16-windows.zip
android ADT => http://dl.google.com/android/ADT-16.0.1.zip

Setelah semuanya diunduh lakukan instalasi dan konfigurasi sesuai dengan langkah-langkah dibawah ini.

1. Instalasi Eclipse

Untuk melakukan instalasi Eclipse, cukup ekstrak file hasil download ke direktori C:/. Setelah file di ekstrak lalu jalankan eclipse dengan mengklik eclipse.exe. Pada saat pertama kali dijalankan biasanya anda diminta untuk memasukkan workspace lokasi penyimpanan project, pilih lokasi sesuai dengan keinginan anda.

Cara Install Eclipse Dan Android SDK
Cara Install Eclipse Dan Android SDK
Cara Install Eclipse Dan Android SDK
Cara Install Eclipse Dan Android SDK

2. Instalasi Android SDK

Ekstrak file android SDK hasil download, kemudian jalankan file installernya. Setelah proses instalasi selasai, jalankan kembali eclipse anda. Untuk langkah kali ini pastikan koneksi internet anda telah terhubung, karena untuk menginstal SDK anda harus terhubung ke internet.
Kemudian masuk ke Window=>Android SDK Manager.

Cara Install Eclipse Dan Android SDK
Cara Install Eclipse Dan Android SDK

Disana terdapat beberapa pilihan SDK yang akan diinstall, jika anda ingin mendevelop aplikasi pada android 2.1 maka cukup centang pada Android 2.1 kemudian install.

Pemilihan SDK yang akan di install

Proses instalasi

Selanjutnya anda cukup menunggu proses download SDK dan instalasi dari internet selesai. Karena saya punya koneksi internet yang cukup kencang maka saya akan menginstall semua versi SDK nya 😀 . Jika anda tidak punya koneksi yang kencang cukup install versi SDK yang sesuai dengan OS android anda, agar aplikasi yang anda buat dapat di uji coba langsung 🙂

3. Instalasi Android ADT

Android ADT merupakan plugin eclipse yang diperlukan untuk mendevelop aplikasi android. Untuk melakukan instalasi Android ADT klik pada Help => Install New Software.

Memulai untuk menginstal plugin

Selanjutnya klik ADD, pada bagian Name isikan saja dengan ” ADT “ kemudian pada bagian location klik Archive kemudian pilih file android ADT yang telah kita download tadi.

Menambahkan plugin Android ADT

Memasukkan lokasi Android ADT

Setelah itu klik Select All kemudian Next sampai instalasi selesai.

Proses instalasi

Instalasi selesai

Sekarang kita telah memiliki sebuah IDE untuk mendevelop aplikasi android, pembahasan kali ini telah selesai selanjutnya nantikan postingan saya tentang membuat virtual device yang berfungsi sebagai simulator android.

About Eko Rudiawan

Seorang lelaki yang punya ketertarikan dengan dunia elektronika dan robot yang saat ini sedang serius belajar tentang dunia bisnis dan internet marketing. My dream to be success technopreneur

One comment

  1. broo ijin copas yaaa,,,,,

    sumber saya sertakan, .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twelve − eight =