Home / Mikrokontroler / Arduino / Cara Kompilasi Firmware USBaspLoader atau Metaboard

Cara Kompilasi Firmware USBaspLoader atau Metaboard

Kali ini blognyaeko akan sharing sedikit tentang USBaspLoader. Pernahkah kalian mendengar tentang USBasp ? Ya, pastinya para maniac AVR mikrokontroler tidak asing lagi dengan alat ini. Ya, USBasp adalah sebuah downloader yang berfungsi untuk mengisi firmware ke mikrokontroler AVR. Nah, kalau USBaspLoader itu apa lagi ? USBaspLoader merupakan sebuah firmware USBasp yang dapat diisikan langsung pada lokasi memori bootloader pada mikrokontroler AVR. Dengan mengisikan firmware ini apa untungnya ? Salah satu untungnya adalah tidak diperlukan lagi downloader untuk mengisi program ke mikrokontroler. Proses pengisian program bisa dilakukan langsung via USB yang langsung terhubung ke pin AVR. Itu tadi sekilas tentang USBaspLoader, nah kalau Metaboard itu apa lagi ya? Kalau board Arduino tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita. Metaboard merupakan board Arduino versi oprek-oprek dan murah yang tidak memerlukan chip usb to serial. Upload program memanfaatkan USBaspLoader sebagai pengganti firmware bootloader yang serial. Tentunya dengan metaboard kita bisa buat Arduino sendiri versi murah dan simpel.

Nah, sekarang kita bahas ke inti pembicaraan yang sesungguhnya. Untuk mengkompilasi firmware dan mengisi firmware USBaspLoader Anda butuh beberapa software dan hardware berikut ini.

1. WinAVR, ini merupakan software yang digunakan untuk mengkompilasi firmware
2. Sourcecode USBaspLoader yang dapat di download pada link berikut ini http://www.obdev.at/products/vusb/usbasploader.html.
3. Rangkaian minimum sistem dengan koneksi USB, contohnya dapat dilihat pada website USBaspLoader atau seperti gambar berikut ini.
700px-Metaboard-circuit
4. AVR USB Downloader atau AVR Burning Tool yang dapat Anda beli di toko-Embedded.com

Untuk mulai melakukan percobaan, pastikan software WinAVR sudah terinstall di komputer Anda. Driver AVR Burning Tool atau AVR USB Downloader juga sudah terinstall di komputer Anda. Untuk memulai melakukan kompilasi hal yang perlu Anda lakukan adalah mengedit sourcecode dari USBaspLoader  yang sudah di download. Mengedit sourcecode ini bertujuan untuk menyesuaikan konfigurasi pin pada sourcecode dengan rangkaian yang digunakan. Bukalah folder USBaspLoader yang sudah di download tadi. Kemudian edit file bootloaderconfig.h yang berada pada direktori firmware.

2013-12-30_101236

Carilah bagian hardware config, disana ada konfigurasi pin D+ dan D- USB. Yang perlu diperhatikan adalah pin D+ harus tetap pada pin INT0, sedangkan pin D- bisa pada pin berapa saja asalkan di PORTD. Sesuaikanlah konfigurasi pin USB dengan rangkaian minimum sistem Anda.

2013-12-30_101320

Kemudian yang perlu diedit lagi adalah pada bagian JUMPER_BIT. JUMPER_BIT ini merupakan pin dimana tombol/jumper boot dihubungkan. Sesuaikan nomor pin dengan konfigurasi yang ada di rangkaian Anda. Kemudian simpan file bootloaderconfig.h

2013-12-30_101344

Satu file lagi yang perlu diedit adalah makefile. Makefile ini merupakan konfigurasi tentang tipe mikrokontroler dan crystal yang digunakan pada minimum sistem Anda. Kali ini akan dicontohkan untuk mengkonfigurasi USBaspLoader pada ATMega328P. Editlah file makefile, pada bagian F_CPU isikan sesuai dengan crystal yang Anda gunakan. Kemudian pada bagian DEVICE isikan atmega328p, jika Anda menggunakan ATMega328P. Untuk BOOTLOADER_ADDRESS isikan 7800, FUSEOPT = $(FUSEOPT_328), dan yang terakhir adalah PROGRAMMER = -c usbasp -P usb. Lihat gambar di bawah ini untuk lebih jelasnya. Jika sudah selesai, simpan file makefile tersebut.

2013-12-30_101601

Jika kedua file tersebut sudah diedit maka selanjutnya adalah melakukan kompilasi program. Untuk melakukan kompilasi program digunakan Command Prompt windows. Buka Command Prompt, kemudian masuklah ke direktori firmware.

2013-12-30_101629

Lakukan kompilasi dengan menjalankan perintah berikut ini

make fuse

2013-12-30_101718

make flash

2013-12-30_101808

Untuk mengujicoba apakah firmware Anda sudah terisi sempurna atau tidak, caranya dengan menghubungkan kabel USB pada minimum sistem Anda. Kemudian tekan tombol reset dan tombol boot bersamaan. Lepaskan tombol reset dan biarkan tombol boot dalam posisi tertekan. Lakukan upload program dari Arduino dengan menekan menu Upload With Programmer, dengan memilih dahulu tipe programernya USBasp. Atau jika Anda familiar dengan AVRDude, Anda bisa langsung mengisi program melalui AVRDude, dengan catatan tombol boot tetap pada posisi tertekan.

Untuk tipe mikrokontroler yang disupport oleh USBaspLoader sendiri adalah ATMega8, ATMega168, dan ATMega328. Untuk mikrokontroler tipe lain belum bisa. Tetapi, saya sudah berhasil memporting USBaspLoader ke mikrokontroler ATMega32, dan ini saya gunakan pada desain produk saya yaitu AVR Simplyboard V2. Sehingga tidak perlu lagi downloader untuk mengisi program ke AVR Simplyboard V2, cukup hubungkan kabel USB dan tinggal download :D.

Sekian tutorial kali ini, jangan lupa mampir-mampir ke toko-Embedded.com

About Eko Rudiawan

Seorang lelaki yang punya ketertarikan dengan dunia elektronika dan robot yang saat ini sedang serius belajar tentang dunia bisnis dan internet marketing. My dream to be success technopreneur

Check Also

virtual usb

Mengisi Bootloader USBaspLoader Pada Minimum System Arduino

Tutorial kali ini merupakan lanjutan dari tutorial membuat minimum system arduino sederhana yang telah saya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eight − 2 =