Home / Elektronika / Cara Membuat Lampu LED Berjalan Untuk Pemula

Cara Membuat Lampu LED Berjalan Untuk Pemula

Tutorial Cara Membuat Lampu LED Berjalan

Mungkin beberapa dari Anda sering bertanya-tanya. Bagaimanasih cara membuat lampu led berjalan atau yang bisanya disebut dengan running led ? Memang membuat rangkaian lampu berjalan cukup menarik sekali untuk dicoba. Selain itu hasil dari rangkaian led berjalan juga bisa dikembangkan untuk hiasan tulisan led. Contohnya seperti pada tulisan “Jual Pulsa” yang banyak Anda lihat di sekitar Anda. Tulisan tersebut merupakkan rangkaian running led yang dibentuk menjadi tulisan sehingga menjadi bagus dan menarik. Sebenarnya cara membuat lampu led berjalan tidaklah sulit. Sangat simpel sekali dan sangat mudah dipraktekkan untuk pemula. Initinya anda harus tau dulu bagaimana skema rangkaian led berjaan tersebut. Nah, pada postingan kali ini, saya akan jelaskan komponen apa saja yang dibutuhkan untuk membuat led berjalan. Selain itu saya juga akan tunjukkan bagaimana bentuk skema rangkaian led berjalan tersebut.

Cara Membuat Lampu LED Berjalan
Cara Membuat Lampu LED Berjalan

Skema Rangkaian LED Berjalan

Banyak sekali skema rangkaian yang dapat digunakan untuk membuat lampu led berjalan. Pada postingan kali ini saya akan menunjukkan skema yang cukup simpel saja. Rangakain led berjalan kali ini menggunakan komponen utama yaitu IC 555 dan IC 4017. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar rangkaian running led di bawah ini

Rangkaian LED Berjalan
Rangkaian LED Berjalan

Rangkaian diatas merupakan rangkaian led berjalan dengan jumlah led 10 pcs. Jika ingin menambah jumlah led menjadi lebih banyak Anda bisa memodifikasi rangkaian diatas. IC 555 pada rangkaian diatas berfungsi untuk meng-generate signal clock. Dimana signal clock ini dibutuhkan oleh IC 4017. Kecepatan nyala dan mati led dapat diatur oleh potensiometer 10K yang terhubung pada IC 555. LED akan menyala satu persatu secara bergantian yang diatur oleh IC 4017. Rangkaian ini membutuhkan tegangan supply sebesar 9 volt DC. Anda dapat menggunakan baterei kotak 9 volt sebagai sumber tegangannya. Atau dapat juga menggunakan adaptor 9 volt agar tidak perlu membeli baterei.

Silahkan Anda buat PCB dari skema rangkaian pada postingan ” cara membuat lampu led berjalan “. Susunlah LED tersebut sedemikian rupa sehingga terihat menarik. Anda bisa membentuk bulat, memanjang atau bahkan berbentuk bintang. Berikut ini adalah beberapa rangkaian running led yang sudah dirakit dalam bentuk PCB. Silahkan dilihat dan jadikan referensi untuk rangkaian pcb Anda.

Running LED Memanjang
Running LED Memanjang
Rangkaian Running LED Bulat
Rangkaian Running LED Bulat

Setelah membaca postingan kali ini pastinya Anda akan menyimpulkan ternyata cara membuat lampu led berjalan cukup mudah dan cukup simpel sekali rangkaiannya. Tunggu apalagi, silahkan praktekkan tutorial cara membuat lampu led berjalan ini di rumah Anda. Jika ada kesulitan silahkan hubungi saya melalui kolom komentar di bawah ini.

About Eko Rudiawan

Seorang lelaki yang punya ketertarikan dengan dunia elektronika dan robot yang saat ini sedang serius belajar tentang dunia bisnis dan internet marketing. My dream to be success technopreneur

Check Also

perbedaan mikroprosesor dan mikrokontroler

Perbedaan Mikroprosesor Dan Mikrokontroler Yang Perlu Diketahui

Perbedaan Mikroprosesor dan Mikrokontroler itu Apa Sih ?? Mungkin pertanyaan diatas pernah ada di benak …

One comment

  1. Izin Copas ya saya sertakan sumber (y)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eleven − four =