Home / Internet Marketing / SEO / Cara Mempercepat Loading Blog WordPress Tanpa Ribet

Cara Mempercepat Loading Blog WordPress Tanpa Ribet

Optimasi Kecepatan Blog’Mu Sekarang !!!

Pada tutorial kali ini saya akan menjelaskan cara mempercepat loading blog khususnya untuk blog yang menggunakan CMS wordpress.org. Kecepatan loading blog merupakan salah satu parameter yang dapat meningkatkan nilai SEO terhadap blog. Selain itu kecepatan loading blog akan membuat pengunjung nyaman jika ingin mengunjungi blog Anda. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kecepatan loading sebuah blog. Jika Anda memiliki basic di bidang web programming, pastinya Anda paham sekali hal-hal yang mempengaruhi kecepatan sebuah blog. Namun pada tutorial kali ini saya tidak akan menyampaikan cara yang ribet-ribet, karena saya tahu Anda tidak memiliki basic yang bagus di bidang web. Cara mempercepat loading blog yang akan saya jelaskan kali ini adalah dengan cara menambahkan plugin khusus yang didesain untuk optimasi kecepatan blog wordpress. Berbeda dengan plugin-plugin lainnya, plugin yang saya gunakan tidak memerlukan pengaturan yang ribet. Cukup menginstall plugin pada wordpress Anda, maka Anda akan dapat melihat peningkatan peforma kecepatan loading blog Anda. Sebagai perbandingan berikut ini akan saya sertakan screenshoot kecepatan blog sebelum diinstall plugin dan kecepatan setelah diinstall plugin. Berikut ini adalah screenshoot blog wordpress saya sebelum diinstall plugin

cara mempercepat blog
cara mempercepat blog

Pada gambar diatas dapat dilihat bahwa kecepatan loading page blog saya sekitar 16 seconds atau 16 detik. Hmm, cukup lama yah. Kemudian jika diperhatikan ukuran page size adalah 1.15 MB, yang artinya jika Anda membuka halaman blog saya sama saja seperti Anda mendownload file sebesar 1.15 MB. Nah, sekarang coba bandingkan screenshoot diatas dengan screenshoot di bawah ini ketika saya telah menambahkan plugin untuk optimasi kecepatan web.

cara mempercepat loading blog
cara mempercepat loading blog

Setelah terinstall plugin untuk optimasi bisa dilihat sendiri hasilnya bahwa kecepatan load time menjadi 0.9 seconds atau tidak sampai 1 detik. Sungguh sangat cepat bukan ? Untuk ukuran page size juga semakin mengecil menjadi 5.82 KB. Oleh karena itu loading blog menjadi semakin cepat. Dapat saya simpulkan bahwa plugin ini dapat mengkompresi halaman web yang tadinya berukuran besar menjadi kecil sehingga loading page nya menjadi cepat dan ringan.

Plugin Apa Yang Digunakan Untuk Memercepat Loading Blog ?

Cara mempercepat loading blog yang saya praktekkan diatas menggunakan sebuah plugin yang bernama Improve My Load Time

cara mempercepat blog
cara mempercepat blog

Silahkan praktekkan sendiri cara mempercepat loading blog ini pada blog wordpress Anda. Buktikan hasilnya sendiri, dari pengalaman saya plugin inilah yang tidak ribet dan sangat mudah digunakan untuk optimasi kecepatan blog wordpress. Jika Anda ingin menggunakan plugin ini silahkan mengunjungi langsung link berikut ini https://wordpress.org/plugins/improve-my-load-times/.

Sekian tutorial singkat cara mempercepat loading blog dari saya, semoga tutorial ini bermanfaat untuk Anda semua.

About Eko Rudiawan

Seorang lelaki yang punya ketertarikan dengan dunia elektronika dan robot yang saat ini sedang serius belajar tentang dunia bisnis dan internet marketing. My dream to be success technopreneur

25 comments

  1. Improve My Load Time…I love….langsung praktek

  2. ijin praktek suhu :sungkem

  3. Terima kasih bang untuk tipsnya. Segera saya terapin ke blog saya. Semoga loadingnya tambah wusss wusss. Hehe

  4. wah mantap nih om,
    langsung ane praktekin nih dan hasilnya tak mengecewakan, walaupun pada gtmetrix tidak begitu berubah yang penting pada realitanya webnya jadi woosshhhh,,,, ngebut 😀

    ada efek lain kah om?

  5. plugin tersebut ada efeknya ga om buat seo dan cara settingnya bagaimana? apakah cukup diaktifkan saja?

  6. Thanks gan, web ane agak berat.

  7. Saya ijin praktek mas, siapa tahu bisa work di site saya. 🙂

  8. Gak ngaruh gan.
    masalah pagespeed gak bisa se simple itu

  9. Cara lain untuk memercepat loading blog adalah dengan mengedit .htaccess, 🙂

  10. Mantap gan saya coba yah, tetapi pluginnya udh lama tdk di update selama 2 tahun. apakah itu tdk apa2 gan? di search pada plugin wordpress juga plugin trsebut tidak ada.

  11. Makasih infonya gan udah saya coba juga tp kok tidak menunjukkan hasil yg berbeda dengan sebelum dkasih plugin ini??

  12. gan apakah ada cara manual untuk meningkatkan keepatan tanpa plugin?
    thanks

  13. Saya sudah coba walaupun awalnya ragu, pada gtmetrix tidak ada perubahan berarti tapi sangat terasa pada loading page sebenarnya.
    sebenarnya yang mempengaruhi nilai tinggi pada gtmetrix adalah CDN dan cache plugin dan image optimzier plugin.
    btw, tanks.

  14. LoadTime-nya sekarang turun drastis … di screenshot 0.9s, tadi saya cek 4.5s. Ada cara lain yang lebih permanen hasilnya, gan ?

  15. saya dah coba tapi ngga ngaruh gan.
    ada cara lain yang lebih ok ga ?

  16. nice share, ditunggu postingan yang kek gini lagi, biar web kita2 pada kenceng.
    terimakasih

  17. dibandingkan dengan total cache dan super cache gimana mas? apa berbenturan dengan cloudfare ?
    saya sempet pake total cache ternyata konflik dengan file robot.txt saya, sampai akhirnya tidak terindex dengan baik dan error di google webmaster tool saya. memang loading page jadi cepat tapi jadi tak terindex. dan konfigurasi yg ribet kalo total cache. mohon sarannya mas. terimakasih

  18. makasih gan tunjuk ajar nya…. , lagi belajar

  19. buat WP gratisan ga ada ya

  20. Makasih kak, izin belajar ya, akhirnya nemu juga tis yang engkap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three + 17 =