Home / IoT / Cara Memprogram Wemos D1 R2 Mini ESP8266 Dengan Arduino

Cara Memprogram Wemos D1 R2 Mini ESP8266 Dengan Arduino

Apa Itu Wemos ?

Wemos merupakan salah satu arduino compatible development board yang dirancang khusus untuk keperluan IoT. Wemos menggunakan chip SoC WiFi yang cukup terkenal saat ini yaitu ESP8266. Cukup banyak modul WiFi yang menggunakan SoC ESP8266. Namun Wemos memiliki beberapa kelebihan tersendiri yang menurut saya sangat cocok digunakan untuk Aplikasi IoT.

wemos d1
wemos d1

Beberapa alasan yang membuat Wemos cukup menarik untuk di oprek adalah sebagai berikut :

  1. Arduino compatible, artinya dapat diprogram menggunakan Arduino IDE dengan sintaks program dan library yang banyak terdapat di internet.
  2. Pinout yang compatible dengan Arduino uno, Wemos D1 R2 merupakan salah satu product yang memiliki bentuk dan pinout standar seperti arduino uno. Sehingga memudahkan kita untuk menghubungkan dengan arduino shield lainnya.
  3. Wemos dapat running stand alone tanpa perlu dihubungkan dengan mikrokontroler. Berbeda dengan modul WiFi lain yang masih membutuhkan mikrokontroler sebagai pengontrol, Wemos dapat running stand alone karena didalamnya sudah terdapat CPU yang dapat diprogram melalui Serial port ataupun via OTA (Over The Air) atau transfer program secara wireless.
  4. High Frequency CPU, dengan processor utama 32bit berkecepatan 80MHz Wemos dapat mengeksekusi program lebih cepat dibanding dibandingkan mikrokontroler 8 bit yang digunakan di Arduino.
  5. Dukungan High Level Language, Selain menggunakan Arduino IDE Wemos juga dapat diprogram menggunakan bahasa Python dan Lua. Sehingga memudahkan bagi network programmer yang belum terbiasa menggunakan Arduino.

Beberapa point diatas merupakan alasan saya kenapa akhirnya lebih memilih Wemos sebagai development board untuk belajar IoT. Walaupun di pasaran masih banyak development board lainnya seperti Raspberry Pi, Intel Galileo, dll.

Cara Memprogram Wemos Dengan Arduino

Sekarang masuk ke pembahasan utama yaitu bagaimana cara memprogram Wemos menggunakan Arduino IDE. Seperti yang diketahui bahwa Arduino IDE hanya dapat digunakan untuk arduino development board. Namun beberapa komunitas telah mengembangkan Arduino IDE untuk mikrokontroler dan mikroprosesor lainnya antara lain ESP8266. Pengembangan Arduino IDE untuk ESP8266 dapat Anda pantau di link berikut ini https://github.com/esp8266/Arduino .

Nah, untuk memprogram Wemos dengan Arduino IDE simak langkahnya berikut ini :

  1. Download Arduino IDE dari web resmi Arduino.cc
  2. Download driver CH340G dari web Wemos.cc
  3. Lakukan instalasi kedua software diatas di komputer Anda
  4. Buka Arduino IDE kemudian masuk ke menu File -> Preference
    wemos arduino
    wemos arduino

     

  5. Kemudian pada bagian Additional Board Manager URL masukkan URL berikut ini : http://arduino.esp8266.com/stable/package_esp8266com_index.json
    esp8266 dengan arduino
    esp8266 dengan arduino
  6. Kemudian masuk ke menu Tool -> Board Manager
    esp8266 arduino
    esp8266 arduino
  7. Pada kotak pencarian masukkan esp8266, maka akan muncul pilihan dari ESP8266 Community. Klik pada bagian more info dan Install. Tunggu sampai selesai
    esp8266 community
    esp8266 community
  8. Setelah selesai maka tipe board baru akan muncul di Arduino IDE. Masuk ke menu Tool -> Board lalu cari Wemos D1 R2 & Mini. Pilih tipe board ini jika Anda ingin memprogram Wemos dengan Arduino.
    ardino esp8266
    ardino esp8266
  9. Selanjutnya jangan lupa pilih port serial yang sesuai dengan yang dipakai Wemos. Contoh pada komputer saya adalah COM4 (tidak semua komputer sama).
    arduino ch340g
    arduino ch340g
  10. Untuk menguji coba upload program, gunakan Example dari contoh program blink dari Sub Folder ESP8266.
    wemos led blink
    wemos led blink
  11. Upload program Anda dan pastikan proses upload telah sukses dengan indikator pesan “Done Uploading”
    esp8266 led blink
    esp8266 led blink

     

  12. Setelah program berhasil terupload perhatikan LED yang berada dekat chip ESP8266 menyala berkedip. Jika LED berkedip maka proses dan cara memprogram wemos dengan arduino Anda sudah benar.

Sekian tutorial tentang cara memprogram Wemos dengan Arduino, nantikan tutorial IoT selanjutnya dari saya !

 

 

About Eko Rudiawan

Seorang lelaki yang punya ketertarikan dengan dunia elektronika dan robot yang saat ini sedang serius belajar tentang dunia bisnis dan internet marketing. My dream to be success technopreneur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 − eighteen =