Home / Internet Marketing / SEO / Cara Mencari Long Tail Keyword Dengan Mudah dan Cepat

Cara Mencari Long Tail Keyword Dengan Mudah dan Cepat

Apa itu Long Tail Keywords ?

Keyword secara bahasa dapat diartikan sebagai kata kunci. Istilah keywords sering ditemukan pada topik-topik yang membahas tentang SEO (Search Engine Optimization). Keywords atau kata kunci merupakan kata atau sususan kata yang diketikkan oleh seseorang ketika ingin mencari suatu informasi pada search engine. Misalkan ketika Anda ingin mencari informasi tentang toko online yang menjual kaos distro, pastinya Anda menuju search engine (contohnya google) kemudian mengetikkan kata kunci yaitu “kaos distro” atau mungkin “jual kaos distro”. Kaos distro atau jual kaos distro merupakan salah satu contoh keywords. Lalu apa itu long tail keywords ? Long tail keywords merupakan keyword yang terdiri dari beberapa kata, biasanya dua kata atau lebih. Contoh long tail keywords adalah sebagai berikut ini “jual kaos distro murah”, “pusat grosir kaos distro” atau mungkin “toko online kaos distro”.

Long Tail Keywords
Long Tail Keywords

Kenapa Harus Tahu Cara Mencari Long Tail Keyword ?

Sebagai blogger yang memahami tentang pentingnya trafik website tentunya pasti paham dengan yang dinamakan SEO. Untuk mengoptimalkan peforma SEO suatu blog atau suatu postingan, konten yang ditulis harus mengandung unsur konten yang dicari oleh visitor. Untuk mengetahui konten yang menarik dan dapat meningkatkan kunjungan visitor diperlukan sebuah riset kata kunci atau riset keyword. Contoh sederhana seperti berikut ini, Saya ingin membuat artikel di blog tentang harga handphone terbaru. Sebelum menuliskan artikel, seharusnya saya mempertimbangkan terlebih dahulu potensi visitor yang membaca postingan saya nantinya. Jika ternyata peminat tentang artikel yang akan saya buat tidak ada, maka percuma saja saya melakukan posting tentang hal tersebut. Karena otomatis tidak akan ada yang membacanya. Jika ternyata potensi visitornya banyak maka saya harus menuliskan artikel yang memuat topik lebih spesifik lagi contohnya “harga handphone samsung terbaru”. Agar topik yang nantinya dipilih tepat, spesifik dan dapat meningkatkan trafik blog atau website perlu dilakukan riset terhadap keywords lebih tepatnya pada long tail keywords. Itulah sebabnya kenapa kita harus mengetahui cara mencari long tail keyword.

Research Keyword
Research Keyword

Cara Mencari Long Tail Keyword

Ada banyak teknik cara mencari long tail keyword atau mendapatkan long tail keywords yang nantinya dapat kita analisa potensi trafiknya. Salah satu cara yang akan saya jelaskan disini adalah menggunakan sebuah software yang bernama SEO PowerSuite. Software ini tersedia dalam bentuk free dan berbayar. Untuk versi free, Anda tidak dapat menyimpan project yang telah Anda buat. Untuk mendownload software ini silahkan mengunjungi link berikut ini http://www.link-assistant.com/. SEO PowerSuite terdiri dari beberapa bundle software antara lain sebagai berikut :

  1. Link Asistant
  2. Rank Tracker
  3. SEO SpyGlass
  4. WebSite Auditor

Beberapa bundle software yang Saya sebutkan diatas dapat digunakan untuk meningkatkat peforma SEO dari website. Namun untuk kali ini akan digunakan Rank Tracker sebagai tools untuk mencari long tail keywords. Cara mencari long tail keyword menggunakan SEO PowerSuite adalah sebagai berikut ini :

  1. Jalankan aplikasi Rank Tracker.
    mencari long tail keyword (1)
    mencari long tail keyword (1)
  2. Masukkan alamat website Anda, kemudian lanjutkan dengan menekan Next.
    mencari long tail keyword (2)
    mencari long tail keyword (2)
  3. Anda akan diminta memasukkan account Google Adwords, jika belum memiliki silahkan daftar terlebih dahulu. Jika sudah memilki, Anda dapat langsung login dengan akun Anda. Kemudian lanjutkan dengan menekan Next.
    mencari long tail keyword (3)
    mencari long tail keyword (3)
    mencari long tail keyword (4)
    mencari long tail keyword (4)
  4. Software akan mendeteksi otomatis keywords yang ada pada website Anda, lanjutkan saja dengan menekan Next.
    mencari long tail keyword (5)
    mencari long tail keyword (5)
  5. Untuk Search Engine gunakan saja search engine yang berbahasa Indonesia jika website Anda website yang berbahasa Indonesia.
    mencari long tail keyword (6)
    mencari long tail keyword (6)
  6. Software akan melakukan pengecekan ranking keywords pada website Anda. Tunggu saja sampai proses ini selesai. Jika telah selesai klik Finish.
  7. Untuk mencari long tail keywords, klik Sugest Keywords pada bagian kiri atas.
    mencari long tail keyword (7)
    mencari long tail keyword (7)
  8. Untuk keyword research Anda dapat memilih beberapa pilihan yang telah disediakan. Namun saya lebih suka menggunakan Google Keyword Planner atau Google Suggestion Tool (Google Autocomplete). Untuk kali ini saya gunakan Google Suggestion Tool. Pilih bahasa Indonesia pada pilihan bahasa yang telah disediakan. Selanjutnya pilih Next.
    mencari long tail keyword (8)
    mencari long tail keyword (8)
  9. Untuk keywords kali ini saya tuliskan yang umum saja contohnya tadi “harga handphone”.
    mencari long tail keyword (9)
    mencari long tail keyword (9)
  10. Software akan memproses pencarian kata kunci (long tail keywords) yang sesuai dengan harga handphone.
  11. Jika proses telah selesai maka Anda akan melihat long tail keywords yang direkomendasikan software.
  12. Klik Select all kemudian Next untuk menganalisis potensi long tail keywords selanjutnya. Lanjutkan proses sampai selesai.
    cara mencari long tail keyword
    cara mencari long tail keyword
  13. Setelah selesai Anda dapat melihat potensi visitor dengan mengacu ke nilai # Of Searches. Nilai ini merupakan banyaknya pencarian perbulan. Contohnya untuk long tail keywords “harga handphone samsung” terdapat 9900 pencarian perbulan. Jumlah pencarian yang besar akan mendatangkan potensi trafik yang besar juga, tentunya tidak melupakan faktor-faktor lain yang berkaitan dengan SEO.
    mencari long tail keyword (11)
    mencari long tail keyword (11)

     

Demikian tutorial singkat tentang bagaimana cara mencari long tail keyword dengan mudah dan cepat. Semoga tutorial cara mencari long tail keyword ini bermanfaat bagi Anda.

About Eko Rudiawan

Seorang lelaki yang punya ketertarikan dengan dunia elektronika dan robot yang saat ini sedang serius belajar tentang dunia bisnis dan internet marketing. My dream to be success technopreneur

10 comments

  1. Wuoh softwarenya manteb juga ya, saya coba dulu. Kalo bagus bisa buat investasi nih. Makasih mas infonya 🙂

  2. terima kasih gan saya akan coba ,,,

  3. Nice info banget nih mas.. Tools2 seperti tadi berbayarkah atau free mas?

  4. Cakep juga nih toolsnya, mempermudah, makasih infonya mas

  5. memilih Keyword sangat penting ya dalam berbisnis online… terimakasih infonya

  6. wah saya baru tahu itu software buat cek rank sm kw,,,,makasih mas

  7. Terimakasih gan informasinya sangat bermanfaat banget buat ane yang lagi belajar ngeblog.
    Selama ini kalau cari long tail keyword pakai Keywordtool.io atau ubbersuggest ….
    jadi nambah semangat buat riset keyword.

  8. Terima kasih mas eko … tutorialnya baru tau kalau ada istilah long tail keyword. saya akan mencobanya pada blog saya … barangkali bisa naik traffic blog saya …

  9. kayaknya perlu dicoba juga nih,
    kalau bener-bener ok ya dilanjut gan…

    thanks

  10. infonya sangat membantu. longtail keyword biasanya persaingannya sedikit namun pencarinya sedikit juga, untuk itu kita harus dapat menemukan kata kunci yang banyak pencarinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × four =