Home / Internet Marketing / SEO / Cara Menghapus Spam Backlink (Backlink Kualitas Rendah)

Cara Menghapus Spam Backlink (Backlink Kualitas Rendah)

Hilangkan Spam Backlink Dari WebsiteMu Sekarang Juga !!!

Spam backlink merupakan sebuah backlink yang berasal dari website dengan kualitas rendah. Contohnya website tanpa pagerank, website deindex ataupun website yang sudah mati. Spam backlink akan mempengaruhi citra website kita di mata google. Dengan banyaknya spam backlink yang mengarah ke website kita, maka google akan menganggap website kita menjadi tidak bermutu kontennya. Oleh karena itu spam backlink harus segera dihapus. Lalu pertanyaannya bagaimana cara menghapus spam backlink ?? Spam backlink merupakan link web kita yang ditautkan pada website lain, jika ingin menghapus caranya ya minta kepada yang menautkan link untuk menghilangkannya. Namun, sepertinya cara ini tidak mungkin digunakan, karena mustahil juga kita harus contact webmaster masing-masing pemilik web untuk menghapus link ke web kita. Nah, untungnya Google sudah menyediakan fasilitas yang disebut Google Disavow. Fasilitas ini dapat digunakan untuk menolak permintaan tautan ke situs kita. Nah, bagaimana cara detailnya ? akan saya jelaskan dibawah ini !

spam backlinks
spam backlinks

Tools Yang Dibutuhkan Untuk Menghapus Spam Backlink

Untuk mempraktekkan cara menghapus spam backlink, kita perlu memutuhkan tools-tools berikut ini :

  1. Google Webmaster Tools
  2. NetPeak Checker
  3. Google Disavow (1 paket dengan Google Webmaster Tools)

Google Webmaster Tools digunakan untuk mendeteksi website yang menautkan link ke blog/web kita. Kemudian backlink tersebut difilter mana yang memiliki kualitas rendah dengan menggunakan tools gratis bernama Netpeak Checker. Netpeak Checker merupakan sebuah software yang harus Anda install terlebih dahulu di laptop/komputer Anda. Kemudian setelah mendapatkan daftar spam backlink, backlink tersebut disubmit ke Google Disavow.

Langkah-Langkah Cara Menghapus Spam Backlink

Pertama yang perlu diperhatikan pastikan website/blog Anda sudah disubmit ke Google Wembaster Tools. Jika tidak, Anda tidak bisa menggunakan cara ini. Namun bisa menggunakan cara lain seperti pada postingan berikut ini http://eko-rudiawan.com/cara-mengetahui-backlink-website-dengan-ahrefs/. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut ini :

  1. Buka Google Webmaster Tools, kemudian pilih website yang akan Anda bersihkan spam backlinknya !
    cara menghapus spam backlink
    cara menghapus spam backlink
  2. Kemudian klik menu Search Traffic -> Link to Your Site. Klik More untuk melihat daftar backlink website Anda
    cara menghapus spam backlink
    cara menghapus spam backlink
  3. Kemudian download list backlinknya dengan cara klik Download This Table
    cara menghapus spam backlink
    cara menghapus spam backlink
  4. Anda akan mendapatkan file CSV yang bersisi list website yang menjadi backlink Anda
  5. Kemudian buka Netpeak Checker
    hapus spam backlink
    hapus spam backlink
  6. Lalu klik Load dan copykan list backlink yang sudah Anda download tadi lalu klik Save
    hapus spam backlink
    hapus spam backlink
  7. Pada bagian parameter pilihlah item berikut ini
    hapus spam backlink
    hapus spam backlink
  8. Kemudian Anda bisa melakukan proses scanning dengan mengklik Start Check
  9. Jika proses telah selesai, Anda bisa mendownload hasil proses pengecekan tersebut dan mengexportnya ke dalam file excel
  10. Proses selanjutnya adalah melakukan filtering terhadap backlink tersebut.
  11. Berikut ini adalah contoh filtering yang saya lakukan. Saya filter web yang memiliki PR rendah (0 atau N/A) dengan memberi tanda kuning (Artinya spam). Juga terhadap website yang status codenya 502/503 (artinya sudah dihapus) Anda juga bisa melalukan filter terhadap jumlah index (index sedikit bisa dianggap spam)
    cara menghapus spam backlink
    cara menghapus spam backlink
  12. Hasil filtering tadi saya kumpulkan listnya kemudian saya upload ke Google Disavow Link. Cara submitnya, copykan list dari spam backlink tersebut ke file txt kemudian upload file txt tersebut ke Google Disavow Link
    cara disavow link
    cara disavow link

Langkah diatas merupakan detail dari cara menghapus spam backlink yang mengarah ke website kita. Anda juga bisa menghapus backlink yang mengandung anchor text yang tidak sesuai dengan niche Anda. Biasanya backlink seperti ini sengaja diberikan ke website Anda dengan tujuan menurunkan reputasi website Anda. Contoh anchor text yang mengandung kata “porno” “judi” dll. Jadi jika website Anda tiba-tiba mengalami penurunan visitor tanpa sebab yang jelas, sebaiknya Anda melakukan permeriksaan terlebih dahulu terhadap daftar backlink yang mengarah ke website Anda. Jika banyak yang mengandung spam backlink maka Anda dapat menghapusnya dengan cara menghapus spam backlink yang sudah saya jelaskan diatas

 

About Eko Rudiawan

Seorang lelaki yang punya ketertarikan dengan dunia elektronika dan robot yang saat ini sedang serius belajar tentang dunia bisnis dan internet marketing. My dream to be success technopreneur

8 comments

  1. Mas Eko, terimakasih artikel tutorialnya. sangat membantu.
    Saya juga mau kasih saran, website mas eko bagus, namun ada hal yang membuat pembaca kurang nyaman, yaitu ruang baca yang sempit karena fitur “frezevane” pada header mas eko yang cukup lebar. hal ini membuat video, iklan, widget dan kolom artikel mas jadi nampak sempit, khususnya pada pembaca dengan layar komputer kecil.

    demikian, semoga membantu untuk membuat pembaca website mas eko lebih betah berlama-lama berkunjung.
    Salam
    www. carusermagz.com

  2. oke terima kasih atas sarannya mas rahadian

  3. Benar juga kata agan, bisa saja ada orang lain yang menaruh backlink blog kita di website lain yang berkualitas rendah tanpa kita sadari. Saya baru tau setelah membaca postingan ini. Terima kasih banyak gan atas informasinya. Akan langsung saya monitor dan cek ini.

  4. terima kasih buat article nya mas, sangat membantu. header nya beneran menggangu mas, apalagi kalau browsing di perangkat yang resolusi nya kecil. saya kesulitan membaca artikel nya tadi.

  5. sangat membantu, terima kasih

  6. Ternyata backlink yang tidak jelas bisa merusak reputasi blog juga, mantap ni infonya, perlu pemeriksaan juga ni.

  7. Keliatanya agak rumit juga yah caranya, tapi demi kebaikan blog apa boleh buat dah. . . .

  8. kalo cara menghapus link yang sumber lalu lintasnya dari link p*rno bila ditemukan pada lalu lintas blogger gimana caranya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × 4 =