Home / Mikrokontroler / Arduino / Cara Mengisi Bootloader Arduino Tanpa Ribet

Cara Mengisi Bootloader Arduino Tanpa Ribet

Cara Mengisi Bootloader Arduino

Pernahkah Anda mengalami board arduino Anda tidak bisa di upload program ? Muncul pesan STK500V2 error bla bla bla ? Pesan error ini muncul karena proses upload program ke chip mikrokontroler di arduino tidak berhasil. Hal ini bisa disebabkan dua hal. Yang pertama karena chip usb to serial yang ada pada board arduino sudah rusak. Penyebab lainnya adalah chip mikrokontroler rusak atau program bootloader di arduinonya sudah hilang. Jika penyebabnya adalah program bootloader di arduino hilang atau chip mikrokontrolernya rusak ada cara gampang untuk memperbaikinya. Jika hal itu terjadi, maka Anda membutuhkan sebuah alat yang bernama AVR Burning Tool. AVR Burning Tool merupakan alat yang dapat membantu Anda untuk menyembuhkan penyakit hilangnya bootloader atau dapat juga digunakan untuk mengisi bootloader arduino pada IC mikrokontroler yang baru. Untuk mendapatkan alat ini Anda dapat membelinya secara langsung melalui toko-Embedded.com.  Nah, sekarang muncul pertanyaan bagaimana caranya untuk menyembuhkan bootloader yang hilang atau cara mengisi bootloader pada IC mikrokontroler yang baru ? Caranya cukup gampang, pertama pastikan di laptop/komputer Anda sudah terinstall driver AVR Burning Tool. Driver AVR Burning Tool disertakan pada paket pembelian alatnya. Tahapan untuk mengisi atau menyembuhkan bootloader adalah sebagai berikut :

1. Hubungkan AVR Burning Tool ke laptop/komputer Anda.
2. Pasang jumper pada AVR Burning Tool jika Anda ingin mengisi bootloader pada IC yang baru.
3. Buka software arduino, kemudian pilihlah tipe board arduino yang akan Anda isi bootloadernya. Contohnya Arduino Uno, seperti gambar berikut ini.

Cara Mengisi Bootloader Arduino
Cara Mengisi Bootloader Arduino

4. Pilihlah tipe programmer dengan cara memilih menu Tool kemudian Programmer

Cara Mengisi Bootloader Arduino
Cara Mengisi Bootloader Arduino

5. Tahap terakhir adalah melakukan proses burning bootloader atau mengisi bootlaoder. Hal ini dapat Anda lakukan dengan cara memilih menu Tool kemudian Burn Bootloader.

Cara Mengisi Bootloader Arduino
Cara Mengisi Bootloader Arduino

6. Tunggu sampai muncul peringatan Done Burning Bootloader. Jika sudah selesai maka IC mikrokontroler Anda dapat dipindahkan ke board arduino dan board arduino Anda bisa digunakan secara normal kembali.

About Eko Rudiawan

Seorang lelaki yang punya ketertarikan dengan dunia elektronika dan robot yang saat ini sedang serius belajar tentang dunia bisnis dan internet marketing. My dream to be success technopreneur

Check Also

virtual usb

Mengisi Bootloader USBaspLoader Pada Minimum System Arduino

Tutorial kali ini merupakan lanjutan dari tutorial membuat minimum system arduino sederhana yang telah saya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × 2 =