Home / Mikrokontroler / Arduino / Cara Program ATMega 8 Dengan Arduino Tanpa Bootloader

Cara Program ATMega 8 Dengan Arduino Tanpa Bootloader

Cara Program ATMega 8 Dengan Arduino

Mikrokontroler ATMega 8 merupakan salah satu jenis mikrokontroler yang sangat populer sebelum munculnya board Arduino. Beberapa hal yang membuat mikrokontroler ATMega 8 populer antara lain adalah bentuk fisiknya yang kecil, harganya yang murah namun fiturnya cukup lengkap. Beberapa fitur yang terdapat pada mikrokontroler ATMega 8 antara lain port GPIO, ADC, I2C, SPI, USART, TIMER COUNTER 8 bit dan 16 bit, dll. Kehadiran Arduino sepertinya membuat mikrokontroler ini sedikit dilupakan, dikarenakan kemudahan dalam pemrograman kebanyakan orang beralih ke arduino. Board arduino sendiri yang paling banyak dijual di indonesia adalah arduino uno, dimana board ini menggunakan IC ATMega 328P. Sebetulnya IC ATMega 328P tidaklah jauh berbeda dengan IC ATMega 8, hanya kapasitas memori yang membedakannya. Perlu diketahui bahwa pada awal pengembangan arduino, yang dijadikan sebagai prototipe adalah mikrokontroler ATMega 8 dengan nama board Arduino NG atau Arduino Severino. Namun board arduino severino ini sangat jarang ditemukan dipasaran. Karena Arduino Severino menggunakan IC ATMega 8, maka banyak orang yang menyimpulkan bahwa arduino juga bisa digunakan untuk memprogram minimum system ATMega 8 pada umumnya. Namun board Arduino Severino menggunakan bootloader yang digunakan sebagai media upload program, sehingga tidak memerlukan downloader lagi. Sedangkan minimum system ATMega 8 pada umumnya masih memerlukan downloader untuk mengupload program. Oleh karena itu banyak muncul pertanyaan bagaimana cara program atmega 8 dengan arduino tanpa bootloader ??.

Pada postingan kali ini saya akan menjawab pertanyaan tersebut ! Pada dasarnya kita dapat memprogram semua tipe mikrokontroler yang dipakai oleh board arduino, baik itu ATMega 8, ATMega 328, ATMega1280, ATMega 2560, dll walaupun board yang digunakan bukan board arduino. Artinya anda dapat memprogram minimum system apapun selagi chip yang digunakan adalah tipe mikrokontroler yang disupport oleh arduino. Kali ini saya akan praktekkan cara program atmega 8 dengan arduino tanpa bootloader. Dimana pada kesempatan kali ini board yang saya gunakan adalah minimum system buatan saya sendiri yang saya beri nama AVR Miniboard.

IMG_0030

Minimum system ini saya desain dengan penambahan fitur led, LCD, sensor suhu, dll sehingga cocok sekali digunakan sebagai media pembelajaran untuk pemula. Minimum system AVR Miniboard ini menggunakan port ISP untuk pemrogramannya. Sehingga Anda membutuhkan downloader sebagai alat untuk memasukkan program. Downloader yang saya gunakan kali ini adalah USBasp buatan saya sendiri yang dapat Anda lihat pada postingan berikut ini http://eko-rudiawan.com/rangkaian-downloader-mikrokontroler-avr/. Oke supaya postingan kali ini lebih terarah maka saya akan buatkan dalam point-point penting sebelum mencobanya.

Alat yang dibutuhkan adalah sebagai berikut :

Tools/Software yang dibutuhkan :

Cara Program ATMega 8 Dengan Arduino Tanpa Bootloader

Step by step cara program atmega 8 dengan arduino tanpa bootloader adalah sebagai berikut ini

  1. Lakukan instalasi driver USBasp pada laptop/komputer Anda. Anda bisa membaca postingan saya pada link berikut ini untuk cara menginstallnya http://eko-rudiawan.com/cara-install-usbasp-driver-windows-7/
  2. Buka aplikasi arduino dan buka program example LED Blink 
    cara program atmega 8 dengan arduino tanpa bootloader
    cara program atmega 8 dengan arduino tanpa bootloader
  3. Pilih tipe board Arduino NG
    arduino dengan atmega8
    arduino dengan atmega8
  4. Kemudian pilih tipe processor ATMega 8
    arduino tanpa bootloader
    arduino tanpa bootloader
  5. Selanjutnya pilih pada bagian Programmer USBasp
    arduino tanpa bootloader
    arduino tanpa bootloader
  6. Untuk melakukan upload program Anda harus memilih menu Sketch kemudian Upload Using Programmer
    arduino tanpa bootloader
    arduino tanpa bootloader

Begitulah langkah-langkah cara program atmega 8 dengan arduino tanpa bootloader, sangat mudah bukan ? Mulai sekarang pertanyaan Anda tentang cara program atmega 8 dengan arduino tanpa bootloader sudah saya jawab. Silahkan mempraktekkan tutorial diatas, jika ada kesulitan atau kurang paham silahkan hubungi saya melalui kolom komentar.

About Eko Rudiawan

Seorang lelaki yang punya ketertarikan dengan dunia elektronika dan robot yang saat ini sedang serius belajar tentang dunia bisnis dan internet marketing. My dream to be success technopreneur

Check Also

membuat jam digital (2)

Membuat Jam Digital Sederhana Dengan Mikrokontroler ATTiny2313

Bagi hobbyist atau penggemar dunia elektronika, membuat jam digital merupakan sebuah tantangan tersendiri. Jam digital pada …

3 comments

  1. Sangat membantu,,,makasih ya kang,,,semoga ilmu yang di share bermanfaat dan terus bertambah lagi.

  2. wah keren yaa blognya tentang Raspberry.. oiya kalau agan agan ingin mendapatkan produk Raspberry Pi generasi ke 3 dengan kualitas terbaik dan harga terjangkau boleh silahkan mampir ke web kami di

    Jual Raspberry Pi dan Arduino

    kami tidak hanya menyediakan semua keperluan tentang Raspberry loh tapi juga produk development board lainnya seperti Arduino dll.

    Selain itu agan agan juga bisa berinteraksi langsung perihal Raspberry atau Arduino dengan technician dan programmer kami yang dijamin handal dan mengerti semua persoalan agan. karena sekarang belajar bisa dengan mudah dengan harga produk yang terjangkau.

    silahkan mampir gan. terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 − three =