Home / Internet Marketing / SEO / Cek Kecepatan Website Dengan GTMatrix

Cek Kecepatan Website Dengan GTMatrix

Kenapa Kecepatan Website Penting ?

Kecepatan website merupakan salah satu faktor yang dapat mengingkatkan trafik atau visitor website Anda. Website yang memiliki kecepatan loading cepat dan ringan tentunya akan membuat nyaman visitor, karena tidak perlu menunggu lama untuk melihat semua konten yang ada di web Anda. Bayangkan ketika Anda mengunjungi sebuah situs kemudian banyak konten iklan flash yang banyak, kemudian loadingnya super lama walupun internet Anda kencang. Pastinya Anda akan langsung meng-close website tersebut. Alih-alih ingin mendapatkan visitor ternyata melihat kontennya saja tidak sempat. Kecepatan website yang ringan juga akan membuat visitor dengan koneksi internet yang pas-pasan akan nyaman, sehingga dapat mendatangkan trafik untuk website Anda.

website-load-time
website-load-time

Cara Cek Atau Text Kecepatan Website

Sekarang bagaimana cara untuk cek kecepatan website ? Sebenarnya cukup simple saya, bisa dilakukan dengan mengunjungi langsung website yang bersangkutan. Namun untuk menentukan website tersebut fast loading atau tidak kita tidak punya ukuran atau tidak punya pembanding. Mungkin bagi Anda sudah cepat, namun belum tentu cepat bagi orang lain yg memiliki koneksi internet berbeda dengan Anda. Nah, ada cara gampang untuk test kecepatan website yaitu menggunakan sebuah tool online. Nama toolsnya adalah GTMetrix, yang dapat Anda lihat di web berikut ini http://gtmetrix.com/. Website tersebut dapat menampilkan skor nilai dari 0-100 terhadap website yang ingin Anda cek kecepatannya. Semakin tinggi nilainya, maka semakin bagus website tersebut. Tentunya kecepatannya juga baik. Untuk melakukan pengecekan terhadap kecepatan suatu website caranya cukup mudah. Anda tinggal memasukkan alamat web yang akan di cek. Kemudian klik GO untuk menganalisa hasilnya.

cek kecepatan website (1)
cek kecepatan website (1)

Tunggu sampai proses pengecekan selesai. Jika sudah selesai skor website Anda akan ditampilkan oleh GTMetrix.

cek kecepatan website (2)
cek kecepatan website (2)

Sebagai contoh saya coba untk menganalisa website saya sendiri http://eko-rudiawan.com/. Hasilnya cukup baik dengan skore A dengan nilai 99% dan 100%.

cek kecepatan website (3)
cek kecepatan website (3)

Untuk pembaca website saya, dapat Anda rasakan sendiri kecepatan laoding ketika Anda mengakases website ini. Cukup cepat pastinya, bagaimana caranya supaya dapat mengingkatkan kecepatan loading website ? Tunggu tutorial saya selanjutnya 😀

About Eko Rudiawan

Seorang lelaki yang punya ketertarikan dengan dunia elektronika dan robot yang saat ini sedang serius belajar tentang dunia bisnis dan internet marketing. My dream to be success technopreneur

2 comments

  1. Hmmm barusan saya cek kecepatan blog sampean kok beda mas dengan yang ada di screenshoot? Kalau yang saya cek barusan nilainya 82/69. Wah gimana tuh mas?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

thirteen + seventeen =