Home / Pemrograman / Android / Membuat Aplikasi Android Sederhana Kalkulator BMI

Membuat Aplikasi Android Sederhana Kalkulator BMI

Belajar Membuat Aplikasi Android Sederhana

Beberapa hari belakang ini saya banyak menghabiskan waktu untuk belajar membuat aplikasi android sederhana. Tentunya tidak hanya cuma sekedar membuat aplikasi tapi juga mempelajari tentang flow atau alur sistem development cycle pada aplikasi Android. Seperti yang kita ketahui, aplikasi-aplikasi untuk Android dapat dicari atau didownload melalui Playstore. Ada banyak aplikasi berbayar dan gratis. Kalau kita lihat di Playstore, aplikasi tersebut diupload oleh seorang developer aplikasi. Bisa jadi perorangan atau sebuah team. Nah, tentunya untuk bisa mendistribusikan aplikasi kita harus bisa dulu membuat sebuah aplikasi android itu sendiri. Banyak sekali tutorial di internet yang menyajikan tentang tutorial membuat aplikasi android sederhana. Baik secara coding ataupun tanpa coding. Namun untuk kali ini saya lebih tertarik belajar dengan cara coding. Banyak sekali tools dan bahasa pemrograman yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi android. Namun, secara umum orang banyak menggunakan Android Studio, karena ini direkomendasikan oleh Android Developer.

Mengenal Android Studio

Dulu, di awal tenarnya aplikasi Android untuk membuat sebuah program belum ada tools yang komplit. Masing-masing tools harus diinstall secara terpisah. Contohnya menggunakan eclipse sebagai IDE, ditambahkan Add Ons dan SDK Android. Terlihat ribet sekali bagi pemula.

Android Studio
Android Studio

 

Sekarang telah muncul tools yang baru bernama Android Studio. Android Studio hadir dengan single installer yang sangat memudahkan kita untuk melakukan instalasi, tidak perlu install secara terpisah. Pada Android Studio, bahasa yang digunakan adalah bahasa Java dan XML. Java digunakan untuk membuat brain dari aplikasi, sedangkan XML digunakan untuk mendesain UI (User Interface) dari aplikasi Android. Awal mula belajar kali ini saya membuat sebuah aplikasi sederhana yaitu Kalkulator Berat Badan Ideal atau BMI Calculator.

Aplikasi Kalkulator Berat Badan Ideal

Aplikasi yang saya buat ini sangatlah simple karena ditujukan untuk belajar. Intinya, aplikasi akan menentukan idealitas dari tubuh Anda, apakah itu kurus, ideal, gemuk atau mungkin obesitas. Aplikasi membutuhkan informasi tentang berat, tinggi dan jenis kelamin Anda untuk bisa memutuskan idealitas dari tubuh Anda. Proses development aplikasi ini kurang lebih satu hari, karena saya harus belajar dari nol. Setelah aplikasi berfungsi sesuai keinginan maka saatnya melakukan rilis aplikasi final agar bisa menjadi file APK yang bisa didistribusikan.

Membuat Aplikasi Android Sederhana
Membuat Aplikasi Android Sederhana

Distribusi Aplikasi Di Playstore

Nah, setelah berhasil membuat aplikasi android sederhana kalkulator BMI. Kemudian saya ingin mendistribusikan aplikasi saya di Playstore. Ternyata untuk mendistribusikan aplikasi di Playstore tidaklah mudah (dulu saya pikir tinggal di upload kemudian selesai). Ada beberapa tahapan yang harus Anda lakukan antara lain sebagai berikut :

  • Daftar dulu menjadi Developer Android di link berikut ini https://play.google.com/apps/publish/. Untuk mendaftar kita dikenakan biaya $ 25. Cukup murah sih, cuma harus menggunakan kartu kredit. Untungnya saya punya, jadi tinggal daftar saja.
  • Mulai Upload Aplikasi, proses publish aplikasi dimulai dengan mengisi data-data tentang aplikasi Anda. Kemudian dilanjutkan dengan upload file APK yang telah Anda buat.
  • Isi Dokumentasi, disini kita diwajibkan untuk mengupload screenshoot dari aplikasi dan membuat deskripsi singkat tentang aplikasi yang akan didistribusikan.
  • Isi Persetujuan, ternyata banyak sekali beberapa pertanyaan yang harus saya jawab ketika ingin mendistribusikan aplikasi ini. Intinya pertanyaan tersebut ditujukan untuk mengetahui apakah aplikasi yang dibuat mengandung konten pornografi, ilegal, narkotika, dll. Nah setelah menjawab beberapa pertanyaan, Anda akan mendapatkan sertifikat dari beberapa lembaga (Saya masih belum paham ini lembaga apa).
  • Publish Aplikasi, nah setelah semua beres proses terakhir adalah Publish Aplikasi Anda. Proses publish akan menunggu sekitar beberapa jam sampai aplikasi Anda muncul di Playstore.
Belajar Membuat Aplikasi Android
Belajar Membuat Aplikasi Android

Nah sampai ditahap ini proses belajar development atau membuat aplikasi android sederhana sudah selesai dari awal sampai akhir. Dari mulai coding sampai distribusi aplikasi Anda. Mungkin pada penjelasan ini Anda tidak menemukan step yang detail, namun saya jelaskan secara garis besar agar Anda paham bagaimana proses development aplikasi android. Nah, jika Anda ingin mencoba aplikasi yang telah saya buat silahkan download langsung di Playstore dengan nama Kalkulator Berat Badan Ideal, atau bisa lihat di link berikut ini : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.eko_rudiawan.beratbadanideal

About Eko Rudiawan

Seorang lelaki yang punya ketertarikan dengan dunia elektronika dan robot yang saat ini sedang serius belajar tentang dunia bisnis dan internet marketing. My dream to be success technopreneur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen + 20 =