Home / Mikrokontroler / Arduino / Cara Menggunakan Minimum System Arduino Metaboard

Cara Menggunakan Minimum System Arduino Metaboard

Minimum system Arduino Metaboard merupakan rangkaian minimum system yang telah saya jelaskan sebelumnya pada postingan berikut ini http://eko-rudiawan.com/belajar-membuat-minimum-system-arduino/. Rangkaian minimum system arduino metaboard dapat digunakan sebagai media pembelajaran mikrokontroler untuk pemula yang murah meriah. Setelah menjelaskan tentang cara membuat minimum system dan cara mengisi bootloader pada minimum system arduino, sekarang Saya akan menjelaskan topik tentang penggunaannya. Menggunakan minimum system Arduino Metaboard agak sedikit berbeda dengan menggunakan minimum system arduino yang lainnya seperti Arduino Uno, Arduino Mega dan yang lainnya. Hal ini dikarenakan firmware bootloader yang digunakan pada minimum system Arduino Metaboard tidak sama dengan bootloader pada minimum system arduino yang lain. Pada minimum system Arduino Metabaord bootloader yang digunakan bernama USBaspLoader. Lebih jelasnya bisa dibaca pada penjelasan saya di postingan yang lalu di halaman berikut ini http://eko-rudiawan.com/mengisi-bootloader-usbasploader-pada-minimum-system-arduino/

Bagaimana Cara Menggunakan Arduino Metaboard ?

Cara menggunakan Arduino Metaboard sangatlah mudah, namun harus dipahami dulu step by step cara menggunakannya. Untuk menggunakan minimum system Arduino Metaboard dibutuhkan beberapa tools dan software berikut ini :

  1. Minimum System Arduino Metaboard yang telah dibuat sebelumnya
  2. Kabel USB Type B (biasanya digunakan sebagai kabel printer)
  3. Driver downloader USBasp
  4. Software Arduino IDE yang digunakan untuk menguji coba

Minimum system Arduino Metaboard sebelum digunakan harus diinstalasi drivernya terlebih dahulu. Proses meng-install driver Arduino Metaboard caranya sama persis dengan menginstall driver downloader AVR USBasp. Karena pada postingan sebelumnya disini Saya telah menjelaskan secara detail cara menginstall driver USBasp, maka pada tutorial kali ini Saya tidak perlu lagi menjelaskan cara penginstalan drivernya. Saya anggap driver Arduino Metaboard telah ter-install dengan baik pada komputer Anda. Sehingga proses uji coba minimum system dapat dilakukan. Langkah-langkah cara menggunakan minimum system Arduino Metaboard adalah sebagai berikut :

  1. Hubungkan minimum system Arduino Metaboard ke laptop/komputer melalui kabel USB type B.
  2. Buka software Arduino IDE, pada tutorial kali ini Saya menggunakan versi software Arduino 1.0.6
    Cara menggunakan arduino metaboard
    Cara menggunakan arduino metaboard
    Cara menggunakan metaboard arduino
    Cara menggunakan metaboard arduino
  3. Buka contoh program blink, caranya klik File -> Example -> Basic -> Blink. Program ini merupakan program sederhana yang berfungsi untuk menyalakan dan mematikan lampu LED yang terhubung ke pin 13 yang ada di Arduino (apapun tipe boardnya).
    Cara menggunakan metaboard arduino
    Cara menggunakan metaboard arduino
  4. Pilihlah tipe board Arduino Uno, caranya dengan memilih menu Tools -> Board -> Arduino Uno. Kenapa harus Arduino Uno ? Dikarenakan IC yang digunakan pada minimum system arduino yang telah dibuat sebelumnya menggunakan mikrokontroler ATMega328P. Tipe IC-nya sama persis dengan yang digunakan oleh board Arduino Uno, jadi Anda bisa memilih Arduino Uno.
    Cara menggunakan metaboard arduino
    Cara menggunakan metaboard arduino
  5. Pilihlah tipe programmer USBasp, caranya pilih menu Tools -> Programmer -> USBasp. Tipe programmer USBasp dipilih karena bootloader yang digunakan pada minimum system arduino metabaord adalah USBaspLoader.
    Cara menggunakan metaboard
    Cara menggunakan metaboard
  6. Untuk mengupload program, Anda harus mengaktifkan mode bootloader pada minimum system arduino metaboard. Cara mengaktifkan bootloadernya dengan menekan tombol RESET dan tombol BOOT secara bersamaan. Kemudian lepaskan tombol RESET dan tetap tahan tombol BOOT, jangan sampai terlepas. Jika tombol BOOT Anda lepas, otomatis minimum system akan keluar dari mode bootlaoder.
    Cara menggunakan metaboard
    Cara menggunakan metaboard
  7. Sambil tetap menekan tombol BOOT, coba buka Device Manager pada Windows. Anda akan melihat USBasp pada Device Manager.
  8. Untuk mengupload program, minimum system harus tetap pada mode bootloader. Sehingga tombol BOOT harus tetap tertekan sampai proses mengupload program selesai. Untuk mengupload program, gunakan menu File-> Upload Using Programmer. Tunggu sampai muncul peringatan bahwa proses upload telah selesai dilakukan (lihat bagian bawah Arduino IDE). Jika proses upload program telah selesai, Anda boleh melepaskan tombol BOOT.
    Cara menggunakan metaboard
    Cara menggunakan metaboard
  9. Setelah tombol BOOT dilepaskan, otomatis minimum system akan masuk ke mode program. Sehingga minimum system akan mengeksekusi program Blink yang telah di-upload sebelumnya. Jika proses mengupload program sukses, LED pada pin 13 akan berkedip dengan selang waktu 0,5 second. Jika tidak berkedip, berarti proses mengupload program yang Anda lakukan salah.

About Eko Rudiawan

Seorang lelaki yang punya ketertarikan dengan dunia elektronika dan robot yang saat ini sedang serius belajar tentang dunia bisnis dan internet marketing. My dream to be success technopreneur

Check Also

Minimum system arduino

Belajar Membuat Minimum System Arduino Sederhana dan Murah

Apa Itu Minimum System ? Untuk mulai belajar mikrokontroler, harus memiliki pemahaman dasar tentang membuat …

One comment

  1. kang , kalau menggunakan atmega 8 bagaimana ? apa harus 328p?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 + 20 =