Home / Elektronika / Modul LED Matrix P10 Untuk Membuat Running Text

Modul LED Matrix P10 Untuk Membuat Running Text

Apa Itu Modul LED Matrix ?

Pernahkah Anda membuat sebuah project running text menggunakan LED ? Ya, project seperti ini banyak ditemui di jalan kota besar terutama di Kota Bandung. Running text tersebut digunakan untuk media promosi toko atau produk. Maka tak heran kalau di kota bandung banyak jasa-jasa pembuatan running text atau moving sign. Kalau tidak percaya, datang saja ke Jaya Plaza. Disana Anda tinggal mencari toko yang bersedia membuatkan running text yang sesuai dengan keinginan Anda. Kalau Anda mau sedikit ribet atau tidak ingin pesan ke jasa pembuatan running text, Anda bisa membuat sendiri dengan kontrol berbasis mikrokontroler. Membuatnya juga tidak terlalu susah. Jangan bayangkan Anda harus menyusun sedemikian banyak LED agar bisa membentuk matrix dengan ukuran tertentu. Untuk membuat running text tersebut Anda membutuhkan modul LED matrix P10. Modul ini merupakan sebuah panel LED yang sudah jadi dan bisa Anda susun sampai sebesar yang Anda inginkan. Berikut ini merupakan gambar dari modul LED matrix P10 tersebut.

Modul LED Matrix
Modul LED Matrix

 

 

1 Buah modul led matrix terdiri dari 16 baris dan 32 kolom LED yang tersusun secara matrix. LED  panen ini juga bisa disusun secara seri atau paralel agar ukuranya menjadi semakin besar. Contoh yang sudah disusun antara lain sebagai berikut ini.

Modul LED Matrix
Modul LED Matrix

 

 

Dengan menyusun beberapa LED modul Anda dapat membuat ukuran panel sebesar keinginan Anda. Satu hal lagi yang paling utama adalah LED modul ini bisa diprogram langsung dengan mikrokontroler. Jika Anda familiar dengan Arduino, maka Anda tinggal menggunakan library yang sudah disediakan. Untuk tutorial pemrograman LED modul ini akan saya sampaikan pada postingan selanjutnya. Bagi Anda yang ingin mencoba bisnis menjual running text atau moving sign toko berikut ini http://juraganrunningtext.com/ menjual spare part running text dengan harga grosir termurah se-Indonesia.

About Eko Rudiawan

Seorang lelaki yang punya ketertarikan dengan dunia elektronika dan robot yang saat ini sedang serius belajar tentang dunia bisnis dan internet marketing. My dream to be success technopreneur

Check Also

Cara Mengukur Transistor Dengan Multimeter Digital

Cara Mengukur Transistor Dengan Multimeter

Bagimana Cara Mengukur Transistor ? Mengukur transistor biasanya digunakan untuk mengetahui kondisi transistor apakah masih …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × 1 =