Home / Mikrokontroler / MSP430 / Memprogram Mikrokontroler MSP430 Launchpad Ala Arduino

Memprogram Mikrokontroler MSP430 Launchpad Ala Arduino

IDE Mirip Arduino Untuk MSP430 Launchpad

Pernahkan Anda mendengar tentang MSP430 Launchpad ? MSP430 Launchpad merupakan board minimum sistem yang dibuat oleg Texas Instrument yang didalamnya menggunakan mikrokontroler seri MSP430. Board launchpad lumayan booming untuk kalangan penggeram mikrokontroler di luar negeri. Hal ini dikarenakan harganya yang sangat jauh murahnya dibandingkan dengan board mikrokontroler lainnya seperti Arduino, STM32 Discovery, dll. Bayangkan harganya saja lebih kurang $10, untuk sepaket board minimum sistem MSP430 dan 1pcs IC MSP430 tambahan. Memang sepertinya Texas Instrument sedang gencar untuk melakukan promosi produk mikrokontroler mereka. Dari Launchpad, Stellaris, CC2000, dll dijual dengan harga yang sangat miring. Beberapa website meramalkan board Launchpad ini akan menjadi saingan terberat Arduino.  Saya sendiri karena penasaran langsung segera memesan untuk mencoba-coba. Pertama kali mencoba saya menggunakan IDE Code Composer Studio. Sepertinya IDE ini dikembangkan dari eclipse dengan menambahkan compiler untuk mikrokontroler MSP430. Setelah lama tidak ngoprek-ngoprek board ini, saya mendapatkan info kalau ada IDE yang gampang seperti Arduino yang bisa digunakan untuk memprogram board Launchpad ini. Energia, inilah nama IDE yang mirip Arduino tersebut.  Gaya pemrogramannya mirip sekali dengan Arduino, dimana tidak perlu melakukan pengaturan register mikrokontroler.

MSP430 Launchpad
MSP430 Launchpad

 

Untuk saat ini saya belum mencoba secara langsung kehandalan IDE ini. Untuk lebih jelas tentang Energia bisa Anda cari info lebih lanjut ke websitenya yang ada disini http://energia.nu/.  Dengan adanya IDE yang simpel maka akan membuat banyak orang tertarik menggunakan mikrokontrolernya. Karena pada dasarnya untuk pemrograman mikrokontroler harus dituntut untuk mengerti arsitekturnya secara langsung, dan hal ini akan terasa sulit bagi mereka yang tidak memiliki basic elektronika. So, kita lihat saja perkembangan dari Energia ini, apakah boomingnya bisa mengalahkan Arduino ?

About Eko Rudiawan

Seorang lelaki yang punya ketertarikan dengan dunia elektronika dan robot yang saat ini sedang serius belajar tentang dunia bisnis dan internet marketing. My dream to be success technopreneur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × 5 =