Home / SBC / Intel Galileo / Pengenalan Singkat Tentang Intel Galileo

Pengenalan Singkat Tentang Intel Galileo

Apa Itu Intel Galileo ?

Intel Galileo merupakan sebuah Single Board Processor (SBC) buatan Intel. Intel Galileo sendiri menggunakan processor Quark SoC X1000 yang berbasis x86 low power System On Chip (SoC). Quark SoC X1000 sendiri merupakan prosessor jenis baru yang dikembangkan Intel yang didesain khusus untuk perangkat Internet Of Things (IoT devices). Processor yang digunakan pada board Intel Galileo merupakan jenis processor 32bit yang memiliki kecepatan 400MHz. Selain itu SBC ini juga dilengkapi dengan internal SRAM dengan kapasitas sebesar 512KB. Intel Galileo juga dilengkapi dengan banyak peripheral lainnya yang dapat digunakan untuk membuat project-project elektronika berbasis embedded system yang menarik.

Intel Galileo
Intel Galileo

Beberapa peripheral yang terdapat pada Intel Galileo adalah sebagai berikut ini :

  • 8MB Flash memori yang dapat digunakan untuk menyimpan firmware
  • 11KB EEPROM memori yang dapat digunakan untuk menyimpan data permanen layaknya sebuah hardisk/flashdisk
  • Micro SD socket yang bisa digunakan untuk memasang micro SD dengan kapasitas maksimal 32GB. Mico SD dapat digunakan sebagai lokasi penginstalan sistem operasi untuk Intel Galileo (Linux atau Windows)
  • 10/100MB Ethernet port yang bisa digunakan untuk mengkoneksikan Intel Galileo dengan jaringan lokal ataupun jaringan internet.
  • USB 2.0 host dan device ports dapat digunakan untuk menghubungkan SBC dengan perangkat USB seperti USB Webcam, USB Keyboard, USB mouse dan lain sebagainya.
  • RS232 Port sebagai salah satu jalur komunikasi data serial dengan sensor ataupun perangkat lainnya.
  • mini PCI Express yang dapat ditambahkan dengan device PCI lainnya contohnya WLAN Card sehingga Intel Galileo dapat berkomunikasi melalui jaringan wireless.
  • Arduino standard pinout yang merupakan input output analog/digital yang memiliki konfigurasi sama dengan board arduino. Input dan output ini dapat digunakan untuk menghubungkan SBC dengan shield arduino ataupun dengan sensor analog/digital.

Secara konsep SBC Intel Galileo bisa disebut dengan Arduino dengan high speed processor dan banyak fitur. Salah satunya bisa diinstall dengan sistem operasi seperti Windows ataupun Linux. Yang paling menariknya lagi semua program examples dari arduino IDE yang tersedia untuk mikrokontroler 8bit juga bisa diporting ke dalam Intel Galileo. Selain itu dalam sintaks program Arduino kita bisa menjalankan perintah-perintah linux seperti mengcopy file, delete file, pindah direktori dan lain-lain. SBC Intel ini memang sangat powerfull dibandingkan Arduino pada umumnya. Integrasi antara hardware, software dan sistem operasi dapat dengan mudah dilakukan. Tunggu artikel selanjutnya dari http://eko-rudiawan.com/ yang membahas project-project elektronika menggunakan Intel Galileo

About Eko Rudiawan

Seorang lelaki yang punya ketertarikan dengan dunia elektronika dan robot yang saat ini sedang serius belajar tentang dunia bisnis dan internet marketing. My dream to be success technopreneur

3 comments

  1. artikel bagus gan, kunjungan baliknya di PENGENALAN DENGAN ARDUINO DAN JENIS ARDUINO
    ARGA YUDHA atau langsung ke website
    http://www.argayudhaadhiprama.com/2016/01/25/pengenalan-dengan-arduino/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 − 5 =