Home / Mikrokontroler / AVR / Membuat Rangkaian Downloader Mikrokontroler AVR USBasp

Membuat Rangkaian Downloader Mikrokontroler AVR USBasp

Apa Itu Rangkaian Downloader Mikrokontroler?

Downloader atau programmer dalam dunia mikrokontroler dikenal sebagai alat yang dapat digunakan untuk mengisi (flashing) program ke dalam chip mikrokontroler. Downloader atau programmer merupakan alat atau tools wajib yang harus Anda miliki ketika ingin ngoprek mikrokontroler. Downloader mikrokontroler banyak jenisnya, tertantung  merek mikrokontroler apa yang Anda gunakan. Masing-masing pabrik mikrokontroler biasanya menjual programmernya secara terpisah. Anda dapat membelinya sesuai dengan chip mikrokontroler apa yang Anda gunakan. Downloader atau programmer mikrokontroler dapat juga dibuat sendiri. Banyak sekali rangkaian downloader mikrokontroler atau programer mikrokontroler yang dapat Anda lihat di internet. Salah satunya adalah downloader mikrokontroler AVR yang bernama USBasp. USBasp merupakan salah satu downloader mikrokontroler AVR yang sifatnya open source. Anda dapat mendownload rangkaiannya secara gratis. Anda juga dapat membuat sendiri rangkaian downloadernya tanpa harus membayar lisensi ke pembuat rangkaiannya.

AVRISP - Downloader Mikrokontroler Buatan Pabrik
AVRISP – Downloader Mikrokontroler Buatan Pabrik

Rangkaian Downloader Mikrokontroler Yang Bagus Itu Seperti Apa ?

Ada beberapa pertimbangan yang harus Anda lakukan ketika ingin membuat rangkaian downloader mikrokontroler sendiri, beberapa pertimabangan tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Rangkaian downloader mikrokontroler harus memiliki koneksi ke komputer melalui port USB. Hal ini akan memudahkan Anda terutama jika Anda termasuk pengguna laptop, dimana port komunikasi data yang tersedia hanya port USB.
  2. Rangkaian downloader mikrokontroler harus memiliki driver yang suport multiplatform Operating System. Mungkin saja suatu saat Anda tidak lagi menggunakan OS Windows sebagai OS utama Anda, atau mungkin Anda sebagai pengguna Macbook. Akan sangat membantu sekali jika downloader yang Anda buat dapat digunakan pada Operating System apapun.
  3. Support software GUI. Hal ini bertujuan untuk kemudahan dalam penggunaan downloader yang Anda buat. Lebih nyaman menggunakan software GUI dibandingkan harus mengetikkan perintah pada command prompt untuk mengisi (flashing) program.

Membuat Downloader Mikrokontroler Sendiri, Kenapa Tidak ?

Kali ini saya akan membuat rangkaian downloader mikrokontroler AVR USBasp dengan sedikit modifikasi pada rangkaian. Sebagai referensi saya mengacu ke sumber website USBasp yang berada pada link berikut ini http://www.fischl.de/usbasp/   . Pada link tersebut banyak ditampilkan rangkaian pcb downloader yang sudah jadi. Jika Anda malas untuk membuat rangkaian pcbnya sendiri, Anda dapat mendownload dari link tersebut. Untuk membuat rangkaian downloader USBasp, Saya menggunakan software desain PCB gratis yaitu Cadsoft Eagle PCB. Software tersebut dapat Anda download pada link berikut ini http://www.cadsoftusa.com/. Berikut ini merupakan skematik rangkaian downloader yang telah saya buat. Klik pada gambar untuk melihat gambar dengan ukuran fullsize.

Rangkaian Downloader AVR USBasp
Rangkaian Downloader AVR USBasp

Saya merubah header ISP yang digunakan untuk menghubungkan downloader ke mikrokontroler. Saya lebih suka menggunakan koneksi ISP yang 6 pin dengan urutan MOSI, MISO, SCK, RESET, VCC dan GND. Kemudian jumper self programing juga saya hilangkan karena saya tidak membutuhkannya. Hasil layout PCB dari rangkaian downloader USBasp dapat Anda lihat di bawah ini

Layout PCB Rangkaian Downlaoder AVR USBasp
Layout PCB Rangkaian Downlaoder AVR USBasp

Setelah desain layout PCB rangkaian downloader selesai, Anda dapat membuat PCB nya dengan beberapa metode berikut ini :

  1. Membuat PCB dengan kertas transfer paper
  2. Membuat PCB dengan kertas photo
  3. Membuat PCB dengan plastik OHP
  4. Membuat PCB dengan dryfilm photoresist
  5. Memesan PCB ke perusahaan percetakan PCB

Untuk pembuatan layout rangkaian diatas Saya lebih memilih menggunakan jasa percetakan PCB. Pertimbangan Saya karena PCB yang akan dibuat cukup banyak dan juga Saya tidak punya cukup banyak waktu untuk mengerjakan proses pembuatan PCBnya sendiri. Hasil PCB layout dari rangkaian AVR USBasp downloader dapat Anda lihat pada gambar di bawah ini.

Rangkaian downloader mikrokontroler
Rangkaian downloader mikrokontroler

Downloader USBasp pada gambar diatas belum siap untuk digunakan, kenapa ? Karena IC ATMega8 yang terpasang di PCB downloader belum di program atau belum diisi firmware. Sementara agar PCB diatas dapat berfungsi sebagai downloader, firmware harus terisi dulu pada IC ATMega8. Tutorial mengisi firmware ke USBasp akan saya jelaskan pada tulisan selanjutnya. Untuk Anda yang menginginkan layout PCB dari rangkaian USBasp downloader yang telah saya buat, Anda dapat mendownloadnya pada link berikut ini :

http://adf.ly/vZwJw

Dengan ketentuan PCB dari layout rangkaian tidak diperjualbelikan (hanya untuk penggunaan pribadi)

Semoga bermanfaat, Salam Ngoprek !

 

About Eko Rudiawan

Seorang lelaki yang punya ketertarikan dengan dunia elektronika dan robot yang saat ini sedang serius belajar tentang dunia bisnis dan internet marketing. My dream to be success technopreneur

Check Also

Ethernet Module Arduino

Ethernet Module Murah ENC28J60 Untuk Mikrokontroler Arduino

Ethernet Module Untuk Mikrokontroler Arduino Ketika ingin membuat project mikrokontroler arduino yang berhubungan dengan internet …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

13 − one =