Home / Elektronika / Rangkaian Power Supply Sederhana Cocok Untuk Pemula

Rangkaian Power Supply Sederhana Cocok Untuk Pemula

Membuat Rangkaian Power Supply Sederhana

Rangkaian power supply sederhana merupakan sebuah rangkaian yang wajib ada pada perangkat elektronika. Rangkaian power supply memiliki fungsi utama untuk mensupply tegangan untuk rangkaian lainnya. Pada alat-alat elektronik seperti TV, Komputer, DVD atau yang lainnya pasti membutuhkan power supply. Power supply juga sangat dibutuhkan bagi Anda yang hobby di bidang elektronika. Untuk melakukan eksperimen membuat rangkaian elektronik, pastilah membutuhkan power supply sebagai sumber tegangannya. Sebenarnya power supply banyak juga dijual di pasaran dalam bentuk yang sudah jadi. Namun mungkin harganya terbilang agak mahal bagi Anda. Nah, oleh sebab itu pada tutorial kali ini saya akan membahas topik tentang membuat rangkaian power supply sederhana yang dapat anda praktekkan di rumah. Pastikan Anda memahami basic tentang elektronika jika ingin mempraktekkan cara membuat rangkaian power supply ini.

Power Supply Digital
Power Supply Digital

Bagian-bagian Pada Rangkaian Power Supply

Pada dasarnya rangkaian power supply sederhana terdiri dari beberapa bagian berikut ini :

  1. Penurun Tegangan (Step Down)
  2. Rangkaian Penyearah (Rectifier)
  3. Rangkaian Filter
  4. Rangkaian Penstabil Tegangan (Regulator)

Adapun fungsi dari beberapa bagian diatas dapat saya jelaskan secara detail di bawah ini

Rangkaian penurun tegangan (step down) merupakan rangkaian yang berfungsi menurunkan tegangan AC dari 220 volt menjadi tegangan yang lebih rendah. Seperti yang diketahui, tegangan listrik di rumah kita adalah sebesar 220 volt AC. Untuk membuat rangkaian power supply, tegangan 220 volt AC tersebut harus diturunkan terlebih dahulu supaya tegangannya menjadi lebih rendah. Penurunan tegangan bisa menggunakan trafo step down.

Trafo Step Down
Trafo Step Down

Biasanya tegangan diturunkan menjadi 9 volt AC atau 15 volt AC, tergantung kebutuhan berapa tegangan luaran rangkaian power supply sederhana yang didesain. Ada 2 jenis trafo setep down yang dapat Anda gunakan untuk membuat power supply, yaitu :

  1. Trafo CT (Centre Tap)
  2. Trafo Biasa (Trafo Nol)

Trafo tersebut dapat dengan mudah Anda dapatkan di pasaran atau di toko komponen elektronik di kota Anda.

Rangkaian penyearah atau yang biasa disebut rangkaian rectifer, merupakan rangkaian yang berfungsi untuk membuat tegangan AC (bolak-balik) menjadi tegangan DC (searah). Rangkaian ini menggunakan kombinasi dari beberapa dioda. Ada 2 jenis rangkaian rectifier yang dapat digunakan untuk membuat power supply. Antara lain adalah sebagai berikut :

  1. Penyearah Setengah Gelombang
  2. Penyearah Gelombang Penuh Dengan 2 Dioda
  3. Penyerah Gelombang Penuh Dengan Dioda Bridge

Untuk penjelasan lebih detail tentang rangkaian penyearah pada power supply silahkan klik link diatas.

Rangkaian filter merupakan bagian terakhir dari rangkaian power supply. Rangkaian filter fungsinya untuk mengurangi ripple tegangan yang disebabkan oleh penyearah dioda. Rangkaian filter terdiri dari beberapa kapasitor yang diparalel dengan rangkaian penyearah.

Rangkaian penstabil tegangan atau yang biasa disebut sebagai rangkaian regulator, merupakan rangkaian yang berfungsi untuk menstabikan tegangan pada nilai tertentu. Rangkaian ini biasanya menggunakan IC khusus regulator. Ada 2 jenis IC regulator yang biasanya dijual di pasaran, yaitu :

  1. Regulator Linear
  2. Regulator Switching

Regulator linear banyak digunakan untuk membuat rangkaian power supply sederhana. Karena regulator jenis ini cukup banyak dijual dipasaran. IC regulator linear ini biasanya berseri 78XX atau 79XX. Dimana XX adalah tegangan keluaran regulator. Contoh jika diinginkan power supply dengan tegangan luaran 5 volt maka IC regulator linear yang digunakan adalah 7805. Jika yang diinginkan adalah power supply dengan tegangan luaran 12 volt, maka yang digunakan adalah IC regulator 7812.

Reguator 7805
Reguator 7805

Gambar Rangkaian Power Supply Sederhana

Berikut ini merupakan gambar rangkaian power supply sederhana yang dapat Anda buat di rumah. Rangkaian ini sudah terdiri dari beberapa bagian yang saya jelaskan diatas seperti step down tegangan, rangkaian penyearah, rangkaian filter dan rangkaian regulator. Untuk IC regulator dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan tegangan output dari power supply yang diinginkan.

Rangkaian Power Supply Sederhana
Rangkaian Power Supply Sederhana

Rangkaian power suppy diatas menggunakan trafo step down jenis trafo nol. Sedangkan rangkaian rectifier-nya menggunakan jenis penyearah gelombang penuh dengan H-bridge. Kemudian sebagai rangkaian filter digunakan kapasitor elektrolit dengan nilai 1000uF dan 1uF. Untuk regulatornya digunakan IC jenis 7812, sehingga output rangkaian power supply sederhana diatas adalah 12 volt dengan kemampuan mensupply arus sebesar 1 ampere. Rangkaian diatas dapat Anda buat di rumah dengan PCB polos ataupun PCB bolong, sehingga dapat digunakan sebagai power supply untuk eksperimen Anda !

About Eko Rudiawan

Seorang lelaki yang punya ketertarikan dengan dunia elektronika dan robot yang saat ini sedang serius belajar tentang dunia bisnis dan internet marketing. My dream to be success technopreneur

Check Also

perbedaan mikroprosesor dan mikrokontroler

Perbedaan Mikroprosesor Dan Mikrokontroler Yang Perlu Diketahui

Perbedaan Mikroprosesor dan Mikrokontroler itu Apa Sih ?? Mungkin pertanyaan diatas pernah ada di benak …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × five =