Home / Internet Marketing / SEO / Riset Keyword Sebelum Menulis Artikel Blog

Riset Keyword Sebelum Menulis Artikel Blog

Kenapa Riset Keyword Penting ?

Menulis terkadang menjadi hal yang sangat mengasikkan bagi sebagian orang termasuk saya sendiri. Tak terasa tulisan-tulisan saya di blog ini sudah hampir berumur 4 tahun. Walaupun terkesan umur blog saya sudah cukup tua, namun statistik blog tidak terkesan baik. Visitor masih dalah hitungan puluhan orang perhari, bahkan beberapa waktu lalu terjadi drop yang sangat memprihatinkan. Hal ini dikarenakan jarangnya melakukan update blog. Update konten ataupun tulisan secara terus menerus akan membuat search engine menjadi lebih kenal ke blog kita. Update blog berkelanjutan dapat dikatakan sebagai salah satu metode untuk meningkatkan trafik blog secara alami.

Walaupun tulisan di blog ini sudah mencapai ratusan, yang hampir seluruhnya berisi tutorial tentang elektronika tidak dapat menjamin peningkatan trafik yang signifikan. Kenapa hal tersebut dapat terjadi ? Ada beberapa alasan yang akan saya jelaskan pada postingan berikut ini. Internet bisa dianggap sebagai perpustakaan digital terbesar, berisi tentang semua hal yang hendak kita cari. Untuk mencari sesuatu yang kita inginkan, cukup mencari melalui search engine (google, yahoo, bing, dll). Mesin pencari akan mengarahkan kita ke sebuah situs yang berisi tentang konten yang diinginkan. Untuk sebuah topik saja mungkin tersedia berjuta-juta halaman website yang berbeda-beda.

Blog saya berisi tentang tutorial elektronika, sangat umum dan sangat banyak sekali website lain yang menuliskan hal yang sama. Mesin pencari memiliki algoritma tersendiri untuk menyeleksi website mana yang akan ditempatkan di halaman pertama pencarian. Tentunya website dengan konten yang original dan menarik yang dipilih untuk ditampilkan di halaman pertama. Menempati halaman pertama dari hasil pencarian merupakan hal yang paling menguntungkan bagi pemilik website. Kenapa ? karena kemungkinan visitor mengunjungi website sangatlah besar. Sehingga statistik website juga ikut meningkat. Namun bagaimana jika ternyata website atau blog milik kita tidak terindeks di halaman pertama mesin pencari ? Tentunya ada kesalahan atau ada yang harus diperbaiki disini, baik dalam hal isi konten ataupun yang lainnya.

Menulis di internet tidak sama dengan menulis buku teks pada umumnya. Menulis di internet tidak membutuhkan format penulisan yang sesuai EYD seperti menulis Skripsi ataupun Tugas Akhir. Hal yang paling penting diperhatikan dalam menulis di internet adalah kontennya. Isi konten yang original akan sangat memiliki pengaruh yang besar bagi peningkatan trafik website. Selain original Anda harus memperhatikan tentang topik utama dari tulisan tersebut. Beberapa hari ini saya mempelajari tentang riset keyword menggunakan Google Keyword Planner. Google Keyword Planner merupakan fasilitas yang disediakan google untuk menelusuri keyword-keyword apa saja yang banyak dicari oleh para pengguna internet. Saya contohkan disini ketika saya ingin menulis artikel tentang mikrokontroler, harusnya saya melakukan riset keyword terlebih dahulu tentang topik yang akan saya tulis.

2014-07-09_223755

 

Gambar diatas menunjukkan hasil riset keyword yang saya dapat dari Google Keyword Planner. Dapat terlihat jelas dari gambar, ternyata topik khusus yang banyak dicari adalah tentang belajar mikrokontroler dan mikrokontroler atmega8535. Dari hasil riset keyword diatas, maka saya harus membuat artikel yang sesuai dengan banyaknya keyword yang diminati agar tulisan saya banyak dibaca oleh orang lain. Sama seperti pedagang, tidak akan mungkin menjual merek yang tidak banyak terkenal dan jarang dibeli oleh orang. Begitu juga dengan menulis artikel di internet, kita harus menulis apa yang banyak dibutuhkan oleh pembaca bukan menulis sesuai dengan keinginan hati ataupun curhat. Menulis artikel yang tidak penting akan memperbanyak tulisan sampah yang tidak berguna di dunia maya. Selama ini saya tidak memperhatikan tentang riset keyword tersebut. Mungkin hal ini yang membuat trafik blog saya agak kurang ramai, karena berisi topik tulisan yang kurang tepat sasaran.

Sekian sharing saya tentang riset keyword, semoga bermanfaat untuk blogger dan penulis dunia maya

 

About Eko Rudiawan

Seorang lelaki yang punya ketertarikan dengan dunia elektronika dan robot yang saat ini sedang serius belajar tentang dunia bisnis dan internet marketing. My dream to be success technopreneur

One comment

  1. artikel yg sangat membantu buat saya yg msh newbie

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eighteen − 13 =