Home / Elektronika / Sensor Ultrasonic Ping Dan Prinsip Kerjanya

Sensor Ultrasonic Ping Dan Prinsip Kerjanya

Yuk Kenalan Dengan Sensor Ultrasonic PING !

Jika Anda berkecimpung atau menekuni hobby di bidang robot tentunya sudah tidak asing lagi mendengar nama yang saya sebutkan diatas. Sensor ultrasonic PING merupakan sensor yang banyak diaplikasikan pada robot. Untuk apa sensor ini digunakan ? Salah satunya adalah sebagai sensor navigasi pada robot. Coba lihat gambar di bawah ini !

robot dengan sensor ultrasonic ping
robot dengan sensor ultrasonic ping

Sensor ultrasonic ping dipasang pada bagian depan robot, sehingga terlihat sebagai mata dari robot. Lalu apakah fungsi sensor ini ? Sensor ini akan mengukur jarak dari objek-objek yang ada disekelilingnya. Jika jarak yang dideteksi adalah sangat dekat, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat objek yang sangat dekat dengan sensor. Sehingga robot harus menghindari dengan cara berbelok ataupun bermanuver ke arah yang lainnya. Penjelasan diatas merupakan salah satu aplikasi dari sensor ultrasonic ping. Masih banyak lagi pengaplikasiannya selain di bidang robot.

Bagimana Sensor Ultrasonic PING Bisa Mendeteksi Jarak ?

Setelah membaca ringkasan diatas lalu muncul pertanyaan dasar. Bagaimana sensor ultrasonic ping dapat mendeteksi jarak suatu objek ? Baiklah, akan saya jelaskan pada sesi kali ini. Prinsip kerja sensor ultrasonik ping sebetulnya meniru salah satu sistem indera pada binatang malam yaitu “kalelawar”

kelelawar
kelelawar

Kalelawar merupakan binatang yang sangat lihai berterbangan di malam hari. Walau dalam keadaan gelap sekalipun, kalelawar tetap dapat berterbangan tanpa menabrak benda-benda lain disekitarnya. Itu karena kalelawar tidak mengandalkan mata untuk melihat, melainkan menggunakan gelombang ultrasonik yang dipantulkan ke sekelilingnya. Pantulan dari gelombang ultrasonik tadilah yang dideteksi oleh kalelawar untuk menentukan ada halangan atau tidak saat terbang. Prinsip tersebut diadopsi dalam bidang elektronika yaitu dengan hadirnya sensor ultrasonik PING.

Sensor PING
Sensor PING

Sensor ultrasonik PING terdiri dari tiga bagian utama yaitu :

  • Transmitter Gelombang Ultrasonik
  • Receiver Gelombang Ultrasonik
  • Rangkaian kontrol

Transmitter berfungsi sebagai pemancar gelombang ultrasonik. Gelombang yang dipancarkan memiliki frekuensi 40KHz. Gelombang ini akan dipancarakan dengan kecepatan 344.424m/detik atau 29.034uS per centimeter. Jika didepan terdapat halangan atau objek maka gelombang tersebut akan memantul. Pantulan gelombang akan dideteksi oleh receiver. Rangkaian kontrol akan mendeteksi pantulan gelombang dan menghitung lama waktu saat gelombang dipancarkan dan gelombang terdeteksi pantulannya. Lama waktu pemantulan gelombang ini akan dikonversi menjadi sinyal digital dalam bentuk pulsa. Sinyal inilah yang nantinya diolah oleh mikrokontroler atau mikroprosesor sehingga didapat nilai jarak antara objek dan sensor. Nilai jarak dapat diperoleh melalui rumus berikut ini :

Jarak (cm) = Lama Waktu Pantul (uS) / 29.034 / 2

Rumus jarak didapat dari pembagian lama waktu pantul dengan kecepatan gelombang ultrasonik dan dibagi 2 karena pada saat pemantulan terjadi dua kali jarak tempuh antara sensor dengan objek. Yaitu pada saat gelombang dipancarkan dari transmitter ke objek dan pada saat gelombang memantul ke receiver ultrasonik.

Sekian penjelasan tentang sensor ultrasonic PING. Semoga tulisan ini dapat menjawab rasa penasaran Anda terhadap cara kerja sensor PING. Materi lain tentang sensor PING dapat Anda baca disini https://blognyaeko.wordpress.com/2011/08/25/pembacaan-sensor-ping-dengan-hasil-yang-presisi

 

About Eko Rudiawan

Seorang lelaki yang punya ketertarikan dengan dunia elektronika dan robot yang saat ini sedang serius belajar tentang dunia bisnis dan internet marketing. My dream to be success technopreneur

Check Also

Cara Mengukur Transistor Dengan Multimeter Digital

Cara Mengukur Transistor Dengan Multimeter

Bagimana Cara Mengukur Transistor ? Mengukur transistor biasanya digunakan untuk mengetahui kondisi transistor apakah masih …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

12 − six =