Home / Mikrokontroler / Arduino / Simulasi Arduino Dengan Proteus

Simulasi Arduino Dengan Proteus

Belajar Arduino Dengan Simulator Yuk !

Kali ini saya akan menjelaskan tutorial cara belajar mikrokontroler dengan simulasi, tepatnya adalah simulasi arduino dengan proteus. Belajar arduino perlu membutuhkan hardware atau perangkat keras yaitu board arduino yang harganya sekitar 300 ribu. Harga 300 ribu mungkin tidak seberapa di kantong Anda, namun bagi mahasiswa perlu mikir berulang kali untuk mengeluarkan uang dengan jumlah tersebut. Namun jangan jadikan keterbatasan sebagai alasan untuk tidak belajar dan mencoba. Karena belajar mikrokontroler itu sungguh sangat mengasikkan dan bisa menambah pemasukan tentunya, hehehe. Hadirnya simulator arduino sangat membantu sekali bagi mereka yang ingin belajar lebih jauh dengan arduino. Banyak sekali software yang dapat digunakan untuk simulasi arduino. Namun pada pembahasan kali ini saya cukup menjelaskan cara simulasi arduino dengan Proteus. Proteus merupakan software simulasi rangkaian elektronika yang memiliki fitur sangat banyak. Termasuk fitur simulasi mikrokontroler. Jadi sebenarnya Proteus tidak hanya dapat digunakan untuk simulator Arduino saja lho, tapi bisa juga digunakan untuk simulasi mikrokontroler lainnya atau simulasi rangkaian elektronika yang lain.

Simulasi Arduino Dengan Proteus Langkahnya Seperti Ini !

Untuk melakukan simulasi arduino dengan Proteus Anda membutuhkan tambahan file yang harus di download. File tersebut merupakan library Arduino untuk Proteus. Karena secara default Proteus tidak menyediakan simulator arduino, jadi Anda harus menambahkan sendiri. File library simulator arduino tersebut dapat Anda download pada link berikut ini :

 http://eko-rudiawan.my.id/files/Library-master.zip

Pada tutorial kali ini saya menganggap bahwa software Proteus telah terinstall pada komputer Anda dan file simulator arduino telah Anda download. Saya menggunakan versi Proteus paling terbaru yaitu versi 8. Sebelum malangkah ke tahap selanjutnya, Anda harus memcopy library arduino yang telah Anda download tadi ke folder library Proteus. Lokasi folder library Arduino ada pada path berikut ini (saya menggunakan Windows 7 64bit)

C:\ProgramData\Labcenter Electronics\Proteus 8 Professional\LIBRARY

Jika Anda menggunakan versi proteus yang lebih rendah dari versi 8, lokasi folder library berada pada

C:\Program Files (x86)\Labcenter Electronics\Proteus 7 Professional\LIBRARY

simulasi arduino dengan proteus
simulasi arduino dengan proteus

 

simulasi arduino menggunakan proteus
simulasi arduino menggunakan proteus

Setelah proses copy library selesai, sekarang mari kita pastikan bahwa library arduino telah dikenali oleh Proteus. Buka aplikasi Proteus, kemudian klik menu ISIS yang berwarna biru diatas.

simulasi arduino menggunakan proteus
simulasi arduino menggunakan proteus

Kemudian tambahkan komponen dengan memilih menu komparator kemudian diikuti dengan menu P.

simulasi arduino dengan proteus
simulasi arduino dengan proteus

Akan muncul window komponen-komponen yang disedikan oleh Proteus. Jika library Arduino yang telah dicopy tadi dikenali oleh proteus, maka akan muncul komponen yang bernama Arduino. Perhatikan gambar di bawah ini untuk lebih jelasnya.

simulasi arduino dengan proteus
simulasi arduino dengan proteus

Jika ternyata tidak ditemukan komponen arduino, besar kemungkinan Anda salah menempatkan lokasi file library yang dicopykan tadi. Jika sudah muncul, coba buat gambar rangkaian seperti di bawah ini. Dengan menambahkan LED yang terhubung ke pin 13 arduino. Rangkaian ini akan digunakan untuk mensimulasikan led blinking pada arduino.

simulasi arduino
simulasi arduino

Setelah rangkaian selesai digambar, sekarang saatnya membuat program untuk arduino yang telah dibuat di proteus. Supaya tidak memakan waktu, saya hanya menggunakan program example bawaan arduino yaitu program blink. Silahkan buka examplenya

simulator arduino
simulator arduino

Kemudian yang paling penting disini adalah mengatur settingan yang ada di bagian Preference. Settingan ini berfungsi untuk menampilkan proses kompilasi pada kolom hitam bagian bawah Arduino. Klik menu File kemudian Preference.

cara simulasi arduino
cara simulasi arduino

Berilah ceklis pada tab compilation seperti gambar di bawah ini. Dengan mencentang bagian compilation berarti proses kompilasi program akan ditampilkan pada kolom hitam di bagian bawah.

arduino simulator
arduino simulator

Sekarang lakukan kompilasi program dengan menekan simbol compile. Perhatikan di bagian kolom hitam di bawah, akan muncul informasi proses kompilasi. Jika proses kompilasi telah selesai, lihat kolom hitam di bawah dan carilah 1 baris yang menyatakan lokasi file HEX hasil kompilasi. Biasanya letaknya 3 baris dari bawah. Copy lokasi file HEX nya dengan cara memblok kemudian CTRL + C.

cara simulasi arduino
cara simulasi arduino

Sekarang kembali lagi ke Proteus. Klik dua kali pada komponen Arduino, Anda akan melihat satu buah kolom yang menyatakan lokasi dari Program File. Pastekan lokasi file HEX yang telah Anda copy tadi ke bagian program file.

mensimulasikan arduino
mensimulasikan arduino

Langkah terakhir adalah menjalankan simulasi, caranya klik simbol Play yang berada pada bagian kiri bawah. Jika langkah-langkah diatas telah Anda ikuti, maka Anda akan melihat LED akan berkedip dengan selang waktu 1 second sesuai yang telah dituliskan pada program.

manjalankan simulasi arduino
manjalankan simulasi arduino

Untuk lebih jelasnya Anda dapat melihat langsung pada tutorial video berikut ini

Cara lain untuk melakukan simulasi arduino dengan Proteus dapat Anda baca pada link berikut ini https://blognyaeko.wordpress.com/2012/09/24/simulasi-arduino-dengan-proteus/

Semoga tutorial simulasi arduino dengan proteus ini dapat bermanfaat bagi Anda, terutama yang ingin belajar arduino tapi tidak memiliki hardwarenya.

About Eko Rudiawan

Seorang lelaki yang punya ketertarikan dengan dunia elektronika dan robot yang saat ini sedang serius belajar tentang dunia bisnis dan internet marketing. My dream to be success technopreneur

Check Also

Minimum system arduino

Belajar Membuat Minimum System Arduino Sederhana dan Murah

Apa Itu Minimum System ? Untuk mulai belajar mikrokontroler, harus memiliki pemahaman dasar tentang membuat …

12 comments

  1. ane baru tau nih mengenai proteus, makasih yah pak sudah sharing… keep it up!

  2. Andrea Wirayudha

    kok simulasi arduinonya nggak kedetect di isis Proteus (saya gunakan proteus 8)

  3. Masnya, itu kok pin ICSPnya gak ada ya ?

  4. klo ini masalah nya kenapa yah ? ” mixed model AVR2.DLL failed to authorize – Missing or invalid Customer Key.. [SIM1] ” , ” Real Time Simulation failed to start.” , ‘Simulation FAILED due to fatal simulator errors. ” mohon solusinya

  5. klo ini masalah nya kenapa yah ? ” mixed model AVR2.DLL failed to authorize – Missing or invalid Customer Key.. [SIM1] ” , ” Real Time Simulation failed to start.” , ‘Simulation FAILED due to fatal simulator errors. ” mohon solusinya

  6. assalamualaikum…. mas arduino nya sudah masuk proteus, programnya sudah dimasukan tapi kenapa masih error ya saat running…. pesannya ky gini : invalid opcode 0x9419 at PC=0x05EA… mohon bimbingannya ..terimakasih

  7. mas maaf itu kok library ny nf ndak bisa di download. terimakasih ilmu ny mas.

  8. mas file nya 404 server not found

  9. mas file lib nya di update dung . ( gk bsa di download )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 + 4 =