Home / Mikrokontroler / Arduino / Sistem Telemetri Menggunakan Mikrokontroler GBoard Pro

Sistem Telemetri Menggunakan Mikrokontroler GBoard Pro

Sistem Telemetri Menggunakan Mikrokontroler

Alat telemetri merupakan alat yang paling banyak dipesan oleh pembaca blognyaeko. Sudah lumayan banyak pesanan alat telemetri yang pernah saya kerjakan, baik itu berbasis WiFi, GSM, GPRS, dll. Yang paling terakhir saya kerjakan adalah project monitoring kebakaran hutan berbasis web. Untuk project ini komunikasi data memanfaatkan jaringan GSM dan internet. Yang suka buat alat kontrol dan monitoring berbasis SMS atau GPRS pastinya tidak asing lagi sama SIM900. SIM900 lumayan populer di Indonesia sebagai modul komunikasi data berbasis GSM maupun GPRS. Nah, kalau dulu untuk membuat project-project telemetri saya harus design modulnya dari nol. Mulai merancang rangkaian mikrokontroler, modul sensor, maupun modul komunikasinya. Terkadang untuk create from scratch itu membutuhkan waktu yang lumayan lama, apalagi sering ditagih sama yang pesan, hehehe. Sudahlah design lama, ditambah waktu pembuatan PCB juga kalau lagi padat bisa semingguan selesainya. Hal ini sangat tidak efektif waktu, tapi ya mau gimana lagi :D. Nah, baru-baru ini sambil browsing-browsing di internet saya nemu modul mikrokontroler yang sudah integrated dengan beberapa modul komunikasi data seperti SIM900, XBee, Wifly, NRF, dll. Nama modul mikrokontroler tersebut adalah GBoard Pro.

Sistem Telemetri
Sistem Telemetri

 

Mikrokontroler yang digunakan pada GBoard Pro adalah ATMega2560, lumayan punya memori besar dan yang paling terpenting adalah support Arduino. Karena rasa penasaran, akhirnya saya beli juga 3 pcs untuk coba-coba dan sekalian dipakai untuk membuat project monitoring kebakaran hutan yang saya kerjakan. Enaknya karena semua sudah integrated jadi saya tinggal integrasi sensor dan kasih power supply.  Selanjutnya tinggal di program. Pekerjaan pun menjadi lebih cepat karena gak perlu design rangkaian lagi, hehehe. Untuk pembelian di Indonesia, Anda dapat mengunjungi link berikut ini http://toko-embedded.com/. Harganya juga pasti lebih murah dibandingkan dengan Anda membuat modul telemetri sendiri.

About Eko Rudiawan

Seorang lelaki yang punya ketertarikan dengan dunia elektronika dan robot yang saat ini sedang serius belajar tentang dunia bisnis dan internet marketing. My dream to be success technopreneur

Check Also

virtual usb

Mengisi Bootloader USBaspLoader Pada Minimum System Arduino

Tutorial kali ini merupakan lanjutan dari tutorial membuat minimum system arduino sederhana yang telah saya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four + 11 =