Home / Elektronika / Software Pembuat PCB Yang Sangat Menarik Fritzing

Software Pembuat PCB Yang Sangat Menarik Fritzing

Software Pembuat PCB Gratis

Fritzing merupakan salah satu dari sekian banyak aplikasi untuk mendesain rangkaian elektronika. Sama halnya seperti aplikasi lain ( eagle, protel, pad2pad, dll ) fritzing juga memiliki skematik editor (membuat skema rangkaian) dan board designer (untuk membuat jalur pcb ). Sepertinya software pembuat pcb ini dikhususkan untuk pemula atau orang yang bukan berlatar belakang elektronika. Skematik editor pada software pcb ini didesain sedemikian rupa sehingga ketika membuat gambar rangkaian sama halnya dengan merangkai komponen yang sesungguhnya. Cara seperti sangat memudahkan pemula, berhubung antara simbol komponen dan bentuk fisik komponen agar sulit dimengerti oleh pemula elektronika.

Software Pembuat PCB
Software Pembuat PCB

Tampilan pada saat loading

Software Pembuat PCB
Software Pembuat PCB

Fritzing window

Fritzing sedikit berbeda dibandingkan dengan apikasi desain skematik lainnya. Hmmm, apa ya yang buad beda ???

  1. OpenSource alias gratissss . . !!
  2. Sudah menyediakan banyak library, bahkan untuk mikrokontroler buatan seperti arduino, basic stamp, pic exe, dll sudah ada librarynya,,,wewwwww mantap. Selain itu librarynya banyak tersedia di internet, tinggal download aja !!
  3. Gambar rangkaian bisa di-share di internet melalui aplikasi ini, jadi gambar rangkaiannya bersifat open hardware ( istilah open source untuk hardware )
  4. Dapat menggambar rangkaian  di breadboard. Hmm, fitur inilah yang sangat membuat saya tertarik untuk menggunakan fritzing. Fitur seperti ini sangat membantu bagi pemula yang ingin belajar elektronika, karena gambar rangkaiannya sangat mudah dimengerti, bahkan bisa ditiru langsung ke breadboard.
Software Pembuat PCB
Software Pembuat PCB

Gambar yang dibuat menggunakan fritzing

Suatu software pasti ada kelebihan dan kekurangannya. Apa sih kekurangan fritzing ini ?? Hmm, menurut pengamatan, penelitian, dan pengalaman saya, kekurangannya pada design pcb nya, manual route ataupun autorute-nya kurang bagus, gridnya juga terlalu kecil (  sejauh ini belum ketemu sih cara untuk mengatur grid ).
Karena aplikasi ini opensource, kemungkinan berkembangnya sangatlah cepat. Seandainya aplikasi ini juga bisa untuk simulasi, makin maknyuss dan pasti sangat berguna.
Kita ikuti saja perkembangannya. . !!!

Untuk selengkapnya silahkan berkunjung ke www.fritzing.org

SEMOGA BERMANFAAT

About Eko Rudiawan

Seorang lelaki yang punya ketertarikan dengan dunia elektronika dan robot yang saat ini sedang serius belajar tentang dunia bisnis dan internet marketing. My dream to be success technopreneur

Check Also

Cara Mengukur Transistor Dengan Multimeter Digital

Cara Mengukur Transistor Dengan Multimeter

Bagimana Cara Mengukur Transistor ? Mengukur transistor biasanya digunakan untuk mengetahui kondisi transistor apakah masih …

4 comments

  1. cara masukan progam ke boardx gimana di fritzing??? (emank bisa simulasi langsung)

  2. fritzing ini tidak bisa untuk simulasi, hanya bisa untuk membuat skematik dan layout pcb.

  3. untuk simulasi anda bisa menggunakan software proteus

  4. saya baru masuk ke semester 1 jurusan elektro nih, langkah urutan yang dipelajari apa aja gan,? biar jadi ahli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × 3 =